Breaking News:

Penanganan Covid

Hasil Riset: Terapkan 3M dan 3T Terbukti Jitu Memutus Penyebaran Covid-19

Hasil riset dari berbagai negara, kebiasaan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), terbukti jitu memutus penyebaran wabah Covid-1

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi: Anak-anak bermain dengan latar belakang mural bertemakan Covid-19 di lapangan bulu tangkis Kampung Kali Pasir, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2020). 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Hasil riset dari berbagai negara, kebiasaan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), terbukti jitu memutus penyebaran wabah Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi.

Sonny mengatakan, perubahan perilau masyarakat menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Contoh kasus, pakai masker saja di beberapa negara yang menerapkan secara ketat, dalam waktu 21 hari angkanya langsung turun. Kasus penularannya bisa tinggal 25 persen, jadi besar sekali dampaknya,” kata Sonny lewat keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Kata Sonny, 17 persen masyarakat Indonesia yang tidak percaya Covid-19, bisa berdampak kepada 83 persen masyarakat lainnya.

Padahal, perubahan perilaku merupakan upaya di hulu untuk mengurangi beban fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang berada di hilir.

Upaya penanganan kesehatan dengan 3T (testing, tracing, dan treatment) juga perlu dilakukan. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi kalau 3M dan 3T dilakukan secara bersamaan, penularan bisa diputus dengan lebih cepat," katanya.

Sonny menuturkan bahwa perubahan perilaku ialah partisipasi masyarakat.

Baca juga: Kementerian Agama RI Sebut, Gerakan Cuci Tangan Telah Membudaya di Pondok Pesantren

Baca juga: Kabar Gembira! Alat Pendeteksi Covid-19 Murah Meriah, Efektif Mendeteksi 80 Detik

"Apabila seluruh masyarakat Indonesia mematuhi protokol kesehatan dampaknya menjadi besar," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terapkan 3M dan 3T Terbukti Ampuh Putus Penyebaran Covid-19

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved