Breaking News:

Warga Indonesia, Amerika Serikat, Rusia, Arab Saudi dan 8 Negara Lainnya Dilarang Masuk Malaysia

Selain Indonesia, warga negara Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi dan Rusia juga dilarang masuk Malaysia.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Sebanyak 57 penumpang yang terdiri dari 52 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 5 Warga Negara Asing (WNA) asal Kualalumpur, Malaysia, tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Senin (18/05/20). Kemudian mereka langsung di bawa menggunakan bus dan menjalani karantina di Kampus Badan PPSDMD, Kota Semarang, Jawa Tengah selama lima hari, untuk selanjutnya akan dikarantina di kota masing-masing. 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA – Pemerintah Malaysia melarang warga Indonesia dan 11 negara lainnya masuk ke negaranya.

Selain Indonesia, warga negara Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi dan Rusia juga dilarang masuk Malaysia

Kementerian Luar Negeri  Indonesia (Kemlu RI) mengungkapkan informasi terbaru soal kebijakan temporary travel resistance yang diterapkan pemerintah Malaysia.

Direktur Perlindungan WNI (PWNI), Judha Nugraha mengungkapkan pemerintah Malaysia juga menambah negara-negara yang dimasukan dalam kebijakan temporary travel resistance.

Lestarikan Tradisi Lisan Sumbar dalam Aplikasi, Tim Kaba Babarito Raih Juara 1 KBKM Regional

“Total menjadi 12 negara,” ungkap Judha dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (4/9/2020)

“Jadi selain Filipina, India dan Indonesia, negara-negara yang juga masuk dalam daftar tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Perancis, Italia, Rusia, Bangladesh, Spanyol dan Brazil,” lanjutnya.

Kebijakan tersebut melarang masuk turis asing dan berdampak ke permanent resident, pemegang Malaysia My Second Home, ekspatriat, pemegang visa pasangan, hingga mahasiswa asing.

Liga 2 Tanpa Penonton Untungkan Semen Padang FC? Asisten Pelatih: Ada Nilai Bagus Buat Kita

Pemerintah Malaysia sendiri sudah melarang masuk turis asing sejak awal pandemi merebak di bulan Maret 2020.

Sebelumnya, Kemlu RI juga telah memanggil Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk mendengarkan klarifikasi terkait kebijakan larangan WNI untuk masuk negeri Jiran tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Malaysia Zainal Abidin Bakar mengatakan akan menyampaikan pembicaraan tersebut kepada pemerintah yang ada di Kuala Lumpur.

UPDATE Corona Sumbar 4 September 2020: Tambah 65 Kasus Positif, Total Menjadi 2.436

Dubes Malaysia juga menyampaikan bahwa kebijakan ini bersifat sementara dan akan selalu direview setiap minggunya.

“Kami mengimbau pada seluruh WNI yang ada di Indonesia untuk tidak melakukan perjalanan keluar negeri kecuali jika ada keperluan mendesak,” kata Judha.

Adapun kondisi WNI yang ada di Malaysia saat ini relatif lebih baik, mengingat pemerintah Malaysia telah menerapkan recovery movement control order (RMCO) hingga bulan desember 2020 yang memberikan kelonggaran bagi aktivitas ekonomi.

“Meski demikian, perwakilan kita di Malaysia selalu standby memberikan bantuan logistik bagi kelompok rentan selama RMCO,” kata Judha. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Selain Indonesia, Kemlu Ungkap Warga dari 12 Negara Ini Dilarang Masuk Malaysia 

Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved