Breaking News:

Citizen Journalism

Opini: Ketika Jiwa Patriot Menyala Melampaui Batas

PANDEMI Covid-19 di Indonesia kini sampai pada fase uji coba vaksin. Perkembangan ini setidaknya menunjukkan secercah cahaya di ujung lorong kegelapan

Editor: Emil Mahmud
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memantau banjir di Monas, Jakarta, Rabu (1/1/2020). 

OLEH : EGY MASSADIAH, Staf Ahli Kepala BNPB

PANDEMI Covid-19 di Indonesia kini sampai pada fase uji coba vaksin. Perkembangan ini setidaknya menunjukkan secercah cahaya di ujung lorong kegelapan.

Satu lagi persoalan yang harus dilalui, yakni uji coba vaksin. Harus ada sukarelawan yang bersedia menjadi “kelinci percobaan”.

Pada banyak kasus, monyet menjadi binatang yang paling sering menjadi objek penguji-coba vaksin. Di samping tikus.

Bagaimana jika kemudian, Letjen TNI Doni Monardo menjadi relawan uji klinis vaksin? Ini bukan berita bohong.

Jubir pemerintah untuk penanganan virus Covid-19, Prof Wiku Adisasmito sendiri yang menyampaikan kabar itu, Kamis (13/8/2020).

“Benar, pak Doni akan ikut menjadi relawan uji klinis vaksin,” ujar Prof Wiku. Informasi lainnya, ada dua warga BNPB lainnya dengan suka rela juga sudah mendaftar.

Update Corona Sumbar Tambah 42 Positif: Total 1.299 Terinfeksi Covid-19, Per 14 Agustus 2020

Update Corona Sumbar Bertambah 42 Kasus, Total 1.257 Terinfeksi Covid-19 Per 13 Agustus 2020

Sebelumnya, Prof Wiku melalui YouTube menegaskan pernyataannya seperti ini, “Kami ingin menyampaikan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo telah mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19."

Vaksin ini ditargetkan terformulasikan awal tahun 2021. Proses selanjutnya adalah uji klinis. Jika berhasil, segera diproduksi secara massal untuk mengatasi pandemi secara permanen.

Anda mungkin bertanya, “Bagaimana kalau gagal?”

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved