Valentino Rossi Bersabar 18 Bulan untuk Berhak Naik Podium, The Doctor Lewati Masa-masa Sulit

PEMBALAP MotoGP Valentino Rossi, naik podium dan finis ketiga pada balapan MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020)

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Saridal Maijar
tribunnews
Valentino Rossi 

PEMBALAP MotoGP Valentino Rossi, naik podium dan finis ketiga pada balapan MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020) lalu.

Pembalap Monster Energy Yamaha, ternyata harus menunggu 18 bulan untuk kembali mencicipi podium MotoGP setelah terakhir kali finis kedua pada MotoGP Amerika Serikat 2019.

Sebelumnya, Valentino Rossi mengatakan bahwa dia dan krunya mengalami masa sulit selama 15 bulan setelah naik podium kedua pada GP Amerika Serikat 2019.

Marquez Absen Hingga Quartararo dan Rossi Naik Podium, Hasil MotoGP Andalusia 2020

TV Online Trans 7 MotoGP 2020, Live MotoGP Andalusia Mulai Pukul 19.00 WIB, Bisa Tonton di HP

Pembalap berjulukan The Doctor itu berjuang untuk menemukan kecepatan pada YZR-M1 musim lalu dan balapan pembuka MotoGP 2020, GP Spanyol.

Ekspresi Valentino Rossi
Ekspresi Valentino Rossi (motoGP.com)

Namun, kendala teknis memaksa Rossi tidak melanjutkan balapan dan dia gagal mendulang poin.

"Paruh kedua musim 2019 sangat membuat saya frustrasi. Saya lambat dan saya sangat menderita," kata Rossi dilansir BolaSport.com dari laman resmi MotoGP.

Finis di posisi keempat pada MotoGP Austria, GP Inggris, GP San Marino, dan GP Malaysia adalah hasil terbaik yang dibukukan Rossi pada MotoGP 2019.

Rossi mengakui bahwa dia dan kepala kru-nya David Muñoz telah mendorong Yamaha untuk melakukan perubahan pada motornya.

Marc Marquez Harus Absen dari MotoGP Andalusia 2020, Sempat Menjajal 1 Putaran

Maverick Viñales Lolos Langsung ke Kualifikasi 2 MotoGP Andalusia, Tercepat Sesi Latihan

"Tetapi, kali ini kami bekerja di perusahaan lain. Kami harus bekerja keras karena dengan David (Muñoz) kami harus menekan Yamaha. Terkadang ini masalah politik, kami ingin mengganti motor," tutur Rossi.

"Namun, kami tidak pernah menyerah dan mulai Jumat pagi saya merasa senang. Yang pasti, kami harus meningkatkan banyak hal. Saya masih memiliki beberapa masalah, tetapi performa saya naik. Saya memiliki gaya membalap saya dan saya menikmati," aku Rossi.

"Saya tiba pada balapan ini karena saya tahu bisa melakukan hasil yang baik. Saya sangat bahagia untuk saya dan tim saya, juga karena tahun lalu mendapat hasil buruk di Sirkuit Jerez."

Rossi selanjutnya bertekad menemukan solusi menjadi lebih kuat di sirkuit yang lebih sulit.

"Awal balapan itu sangat penting bagi saya. Saya melakukan awal yang baik," aku pembalap 41 tahun itu.

Rossi mengaku harus bekerja keras pada lima lap terakhir dan performanya tidak terlalu buruk pada 20 putaran lainnya.

"Saya mencoba mengikuti Fabio. Tetapi Anda tahu, Fabio sedikit lebih cepat, terutama dia tidak menekan ban. Saya juga meminta maaf untuk Pecco dan Fabio karena mereka cepat, dan Maverick."

Rossi sekarang berharap bisa kembali ke performa terbaik saat membalap pada seri balap MotoGP Ceska di Sirkuit Brno, 7-9 Agustus mendatang.(*)

Tulisan ini diulas dari beberapa artikel yang telah tayang di Kompas.com, Tribunnews.com, BolaSport.com dan TribunPadang.com

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved