Breaking News:

Corona Sumbar

Irwan Prayitno Sebut Sumbar Hanya Bisa Masuk Zona Kuning Covid-19, Ini Alasannya

Gubernur Irwan Prayitno mengemukakan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tidak dapat menjadi daerah yang masuk zona hijau, melainkan hanya bisa masuk zon

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Irwan Prayitno mengemukakan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tidak dapat menjadi daerah yang masuk zona hijau, melainkan hanya bisa masuk zona kuning.

Hal itu dikatakan oleh Irwan Prayitno pada saat ditemui di Masjid Raya Sumbar di Padang, Provinsi Sumbar, Jumat (19/6/2020).

"Sumatera Barat tidak akan pernah masuk zona hijau. Jadi kita hanya bisa menjadi zona kuning," kata Irwan Prayitno.

Ia mengatakan, dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat pada tiga minggu terakhir ada delapan kabupaten nol kasus Covid-19.

Sejauh ini lanjutnya, rentang dua minggu terakhir 14 kabupaten/kota se-Sumbar memang telah nol. Hanya saja, satu Kabupaten Padang Pariaman masih ada, serta Kota Padang juga setiap hari masih ada.

Pihaknya mencatat angka reproduksi penyebaran virus Covid-19 di Sumbar juga sudah berada di bawah angka 1 yaitu 0,77 dalam tiga minggu terakhir. Bahkan, lanjutnya untuk kabupaten kota selain Kota Padang juga angkanya sudah di bawah 1.

Sementara Kota Padang dalam dua minggu ini telah di bawah angka 1, kecuali satu hari yaitu 1,0, jadi sebetulnya daerah kita sebagian besar sudah zona kuning.

Sudah Lebih 100 ASN Pemko Padang Jalani Tes Swab di Pukesmas Padang Pasir, Termasuk Wawako

Update Sembuh Covid-19 di Padang Bertambah 7 Orang, Kadinkes: Kesembuhan Capai 60 Persen

"Sebetulnya daerah Sumatera Barat sudah masuk daerah kuning. Namun, hijau tidak bisa. Karena hijau itu harus nol Covid-19 dari awal, kita Kota dan Kabupaten sudah ada Covid-19," ujar Irwan Prayitno.

Sumbar yang semula dari zona merah semuanya berubah menjadi zona orange hingga pada saat ini berubah ke zona kuning.

Irwan Prayitno menyebutkan kalau ada delapan daerah di Sumbar masuk zona kuning, dan tujuh daerah masuk zona orange. Sedangkan, dua daerah yaitu Padang dan Padang Pariaman masih merah.

"Tingkat kesembuhan kita sudah 70 persen, yaitu yang tertinggi se Indonesia. Untuk Kota dan Kabupaten di Sumbar ada lima yang sudah 100 persen kesembuhannya, yaitu Padang Panjang, Agam, Pesisir Selatan, dan Tanah Datar," ujar Irwan Prayitno.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved