Breaking News:

Berita Kabupaten Agam

Bunga Rafflesia Kembali Ditemukan, Lokasi ke 14 Sebaran di Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumbar

Lokasi sebaran tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia sp ke 14 ditemukan di Nagari Koto Gadang Anam, Koto kecamatan Tanjung Raya, Kabupa

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Lokasi sebaran tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia sp ke 14 di kabupaten Agam ditemukan di Nagari Koto Gadang Anam, Koto kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) baru-baru ini. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Lokasi sebaran tumbuhan langka dan dilindungi jenis bunga Rafflesia sp ke 14 ditemukan di Nagari Koto Gadang Anam, Koto kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelumnya, tumbuhan tersebut ditemukan oleh Adrian (53) bersama 14 orang temannya pada Kamis (28/5/2020) -- ketika pulang dari lokasi Air terjun -- yang tidak berjauhan dari pemukiman Jorong Lambah. 

Pada hari Sabtu (30/5/2020) masyarakat berjumlah lebih 20 orang datang untuk melihat, dan pada saat itu ditemukan bunga tersebut sudah mekar sempurna pada hari ketiga.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan ada masyarakat melaporkan temuan tersebut kepada BKSDA Resor Agam yang sedang menangani konflik satwa liar buaya muara di kabupaten Pasaman Barat.

Kota Padang Jika Terapkan New Normal, Rumah Ibadah dan Pariwisata Dibuka Secara Bertahap

Buaya Muara Ditemukan di Kamar Mandi Warga, BKSDA Sebut Lokasi Penemuan Jauh dari Habitat Buaya

Seorang Warga Kabupaten Agam Meninggal Dunia Diterkam Buaya, BKSDA Pasang Perangkap

"Baru pada Selasa (2/6/2020) Tim BKSDA mendatangi lokasi temuan tersebut. Tim BKSDA yang berjumlah enam orang langsung melakukan identifikasi jenis terhadap bunga yang ditemukan," kata Ade Putra, Rabu (3/6/2020).

Ade Putra menyebutkan, berdasarkan hasil identifikasi jenis diketahui bunga tersebut berjenis Rafflesia Arnoldii.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil eksplorasi ditemukan enam titik tumbuh Bunga Rafflesia dan 20 titik tumbuh Bunga Rhizanthes.

"Sedangkan berdasarkan hasil identifikasi diketahui jenis bunganya adalah Rafflesia Arnoldii dengan diameter 86 centimeter dan mekar pada hari keenam. Selain itu juga ditemukan puluhan knop bunga rafflesia berbagai ukuran," katanya.

Dijelaskannya, potensi tersebutb dapat dikembangkan sebagai potensi daya tarik wisata minat khusus atau wisata alam. Mengingat tumbuhan ini adalah tumbuhan langka dan dilindungi dan mekar tidak dalam waktu lama.

"Sebelumnya bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2020 lalu, mekar sempurna bunga rafflesia tuan-mudae di kawasan hutan cagar alam Maninjau di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam," sebutnya.

Dijelaskannya, bunga tersebut mekar dengan diameter mencapai 111 centimeter menjadikan bunga ini terbesar di dunia yang pernah tercatat dan terdokumentasikan.

"Selanjutnya BKSDA akan memasang papan informasi dan membuat pagar pengaman, karena bunga ini dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya," tutupnya.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved