Corona Sumbar

Mahasiswa Universitas Riau Kuliah Kerja Nyata di Sumbar, Giatkan Aksi Melawan Covid-19

Mahasiswa Universitas Riau (Unri) melakukan kegiatan pengabdian melalui program yang diberi nama Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid

ISTIMEWA
Mahasiswa Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 di daerah Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat baru-baru ini. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) melakukan kegiatan pengabdian melalui program yang diberi nama Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid-19.

Mahasiswa Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 di Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) , Gian Juliano telah memulai kegiatan tersebut semnejak 4 Mei 2020 lali.

Kegiatan yang telah dilakukan di antaranya memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan pembagian brosur/pamflet mengenai apa itu virus corona dan gejala terinfeksi.

"Kami juga mengedukasi bagaimana upaya yang harus dilakukan agar terhindar dari infeksi virus tersebut, dan juga pembagian masker kepada masyarakat," kata Gian Juliano dalam keterangan tertulis yang diterima TribunPadang.com, Minggu (17/5/2020).

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan ulang disinfektan bersama relawan covid-19 Nagari Persiapan Aia Manggih Utara pada, Jumat (15/5/2020).

UPDATE Corona di Sumbar Masih Bertambah, Per 17 Mei 2020 Tembus 408 Positif Covid-19

Menurut dia, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu instruksi dari World Health Organisation (WHO) sebagai salah satu langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat.

"Penyemprotan disinfektan ini merupakan hasil kerjasama dengan pemerintah nagari Persiapan Aia Manggih Utara. Kegiatan ini rutin dilakukan minimal satu kali dalam seminggu," sebut Gian Juliano.

Penyemprotan disinfektan tersebut, tambah Gian, memiliki sasaran utama yakni fasilitas-fasilitas umum yang sering melibatkan kegiatan banyak orang.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona di daerah Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Pemerintah Desa Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, kata Gian, juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus corona.

Caranya, selalu menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat, makan makanan bergizi, istirahat dan olahraga yang cukup.

Kemudian, selalu menggunakan masker saat ke luar rumah, baik bagi orang yang sakit ataupun yang sehat.

Serta kepada setiap masyarakat agar melaporkan jika ada warga yang baru melakukan perjalanan jauh kepada bidan desa ataupun pihak-pihak kesehatan lainnya.

Di samping itu, Wali Nagari Persiapan Aia Manggih Utara, Ira Dewi, menyambut positif keberadaan mahasiswa Kukerta di wilayahnya.

Hal ini dinilai turut berperan serta membantu pemerintah desa untuk menekan penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved