Semarak Ramadan

Bayar Zakat Fitrah di Bukittinggi, Sesuai Harga Tiga Jenis Kualitas Beras

Kepala Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, Muhamad Defrisal mengatakan besaran zakat fitrah yakni 3,1/3 (tiga sepertiga tig

TribunStyle/Kolase
Ilustrasi : Bayar Zakat Fitrah 

TRIBUNPADANG.COM, BUKITTINGGI - Kepala Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, Muhamad Defrisal mengatakan besaran zakat fitrah yakni 3,1/3 (tiga sepertiga tiga liter) atau 2,5 kilogram (Kg) beras.

Bagi masyarakat yang ingin membayarkan zakat dalam bentuk uang, maka nominalnya zakatnya terbagi dalam tiga ketogori jenis kualitas beras.

Bagi masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan kualitas I dengan harga Rp14.000/Kg maka jumlah zakat yang dibayar Rp 35.000.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang mengonsumsi beras dengan kualitas II dengan harga Rp13.000/Kg maka jumlah zakat yang dibayar Rp32.500.

Baznas Kabupaten Tanah Datar Tetapkan Zakat Fitrah, Sesuaikan Kualitas Beras yang Dikonsumsi

Kemudian bagi masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan kualitas III dengan harga Rp12.000/Kg maka jumlah zakat yang dibayar Rp30.000.

"Penetapan ini berdasarkan hasil keputusan bersama kementerian agam kota Bukittinggi, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bukittinggi," ujar Muhamad Defrisal, saat dihubungi TribunPadang.com, Minggu (3/5/2020).

Lanjutnya, diharapakan bagi kamu muslim untuk melaksanakan zakat lebih cepat dan dapat dibayar pada awal Ramadan.

"Hal ini sesusai dengan edaran Kementerian Agama RI no 8 tahun 2020 serta imbauan Wali Kota Bukittinggi yang bertujuan untuk bisa disalurkan kepada mustahik atau orang yang berhak menerima zakat, khususnya yang terdampak covid-19," ujar Muhamad Defrisal. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved