Corona Sumbar

Antisipasi Covid-19, Tradisi Ceng Beng di TPU Bungus Padang Ditiadakan Tahun Ini

Tokoh masyarakat Tionghoa Kota Padang, Albert Hendra Lukman mengatakan Trasidi Ceng Beng di Padang untuk Tahun 2020 ditiadakan di Padang tahun 2020.

ISTIMEWA
Tampilan Spanduk yang memberitahukan bahwa TPU Bungus, Kota Padang sedang tutup untuk sementara waktu. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Tokoh masyarakat Tionghoa Kota Padang, Albert Hendra Lukman mengatakan Trasidi Ceng Beng di Padang untuk Tahun 2020 ditiadakan di Padang tahun 2020.

Albert yang juga Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat mengemukakan TPU Bungus ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup Padang guna antisipasi keramaian dan kerumumnan masa para peziarah pada hari Ceng Beng.

"Sebagaimana diketahui Ceng Beng adalah suatu hari ziarah tahunan bagi etnis Tionghoa, yang rutin setiap tahunnya," ujar Albert Hendra Lukman.

Sejauh ini lanjutnya, Warga etnis keturunan Tionghoa berziarah ke makam kuburan orang tua atau leluhurnya.

Di antaranya, membersihkan serta bersembahyang di makam tersebut. Sementara itu, ada yang membawa buah-buahan, kue-kue, makanan serta karangan bunga.

Pemprov Sumbar Akan Berlakukan Jam Malam di Daerah Perbatasan, Upaya Cegah Virus Corona

"Kami masyarakat Tionghoa Kota Padang mendukung keputusan yang diambil pemerintah. Kita menyadari ditengah bahaya Pandemi Virus Corona memang sebaiknya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keramaian ditiadakan dulu," kata Albert, melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, penutupan TPU Bungus ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat guna menerapkan Social Distancing atau Physical Distancing.

Albert Hendra juga mengimbau semua warga Tionghoa Kota Padang untuk mengikuti aturan yang sudah dibuat pemerintah.

"Larangan ini dibuat untuk keselamatan bersama dari ancaman Covid 19. Tahun depan kan masih bisa melaksanakan Ceng Beng. Mari kita bersama mendukung pemerintah agar dapat segera mengatasi pandemi ini," tambahnya.(*/rls/TribunPadang.com) 

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved