Pendidikan

Rektor Prof Tafdil Husni Beberkan Sederetan Tantangan Universitas Bung Hatta Masa Depan

Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Prof Tafdil Husni menyampaikan ada beberapa tantangan Universitas Bung Hatta (UBH) di masa mendatang

TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Prof Tafdil Husni didampingi istri seusai dilantik jadi Rektor Universitas Bung Hatta, di Padang, Rabu (26/2/2020) 

Rektor Prof Tafdil Husni Beberkan Tantangan Universitas Bung Hatta Kedepan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Prof Tafdil Husni menyampaikan ada beberapa tantangan Universitas Bung Hatta (UBH) di masa mendatang.

"Pengelolaan Perguruan Tinggi seperti perahu berlayar di tengah lautan yang bergejolak dengan berbagai tantangan. Universitas yang membawa nama founding bangsa ini sedang menghadapi tantangan cukup berat yang perlu menjadi perhatian bersama," kata Prof Tafdi Husni, pada sambutannya seusai dilantik, Rabu (26/2/2020) di Padang.

Menurut mantan Rektor Universitas Andalas (Unand), tantangan pertama berupa penguatan sisi akademik dan sumber daya manusia yang unggul sebagai bagian ruh dan unit penting universitas sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Sumber daya manusia yang unggul bisa dilihat dengan mampu diserap oleh lapangan kerja atau menciptakan lapangan kerja. Serta didukung oleh kualifikasi dosen yang doktor dan profesor," ungkapnya.

Selanjutnya, tantangan berupa globalisasi di perguruan tinggi. Menurutnya, perguruan tinggi tidak hanya bersaing di lokal, melainkan regional dan internasional.

Adapun tantangan kedepan agar semua prodi di Univeristas Bung Hatta bisa mencapai akreditasi internasional dengan peningkatan skill alumninya supaya bisa bersaing di tingkat internasional.

"Sebagai perguruan tinggi harus mampu menyongsong era revolusi teknologi dalam semua aspek, tanpa kecuali, dalam proses lembaga pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi," ungkap Tafdil.

Prof Tafdil Husni Dilantik Jadi Rektor Universitas Bung Hatta Periode 2020-2024

5 Mahasiswa FTI Universitas Bung Hatta Ikuti Program Magang di PT Semen Padang

Selanjutnya tantangan lainnya berupa program baru pemerintah pusat dengan kampus merdeka yang merupakan kelanjutan program merdeka belajar.

"Kami masih menunggu dan para rektor dari LLDIKTI untuk mendiskusikan dari teknis pelaksanaan merdeka belajar dan program kampus merdeka tersebut," ungkap Prof Tafdil.

Prof Tafdil Husni mengatakan tantangan tersebut bukanlah hambatan dalam pengembangan Universitas Bung Hatta kedepan namun dapat dilihat untuk memperbaiki diri.

"Untuk itu saya inggin mengajak semua pihak untuk berbenah diri dan menghimpun kerja sama untuk mampu mencapai visi yang telah ditetapakan dalam restra 25 tahun mendatang," ungkapnya (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved