Video Durasi 01.34 Menit Duel Bupati Vs Penagih Utang Viral, Pemkab Aceh Barat Akan Lapor Polisi

Sebuah video yang memperlihatkan aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga diduga penagih utang viral di media sosial.

Editor: afrizal
net
ilustrasi 

TRIBUNPADANG.COM - Sebuah video yang memperlihatkan aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga diduga penagih utang viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi di Pendopo Aceh Barat, pada Selasa (18/2/2020).

Dalam video yang berdurasi 01.34 menit itu terlihat sebelumnya beberapa warga duduk semeja di Pendopo Bupati Aceh Barat menjelaskan terkait masalah uang, di tengah pembicaraan terjadi adu mulut hingga berujung adu jotos.

Masuk Wisata Pantai Air Manis dan Gunung Padang Gunakan E-retribusi dari Bank Nagari Sumatera Barat

Bencana Longsor di Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki Telah Selesai Dibersihkan

"Pemkab Aceh Barat berencana akan membawa masalah ini ke ranah hukum. Akibat penyebaran video tersebut dinilai telah mencemarkan nama baik bupati dan pemerintah daerah," kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar, Rabu (19/2/2020) dikutip dari Antara.

Ia menduga, video tersebut sengaja direkam menggunakan telepon seluler dan kemudian disebar luaskan melalui media sosial, sehingga menimbulkan kegaduhan publik di daerah ini.

Menurutnya, cara pelaku saat merekam kericuhan di pendopo diduga mengambil video untuk menunjukkan adanya pemukulan. Padahal, sambungnya, sama sekali tidak ada.

PDIP Umumkan Nama-nama Calon Kepala Daerah yang Diusung, Berikut Daftar Lengkapnya

Diakuinya, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan ahli hukum terkait delik aduan yang akan dilaporkan kepada polisi.

Pemkab Aceh Barat berharap kepolisian dapat segera mengungkap siapa pelaku yang diduga merekam dan menyebarkan video itu ke publik, sehingga diharapkan kasus ini menjadi terang dan jelas nantinya.

Sebelumnya diberitakan, video aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga yang diduga penagih utang menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang berdurasi 01.34 menit itu terlihat sebelumnya beberapa warga duduk semeja di Pondopo Bupati Aceh Barat menjelaskan terkait masalah uang sehingga terjadi adu mulut hingga berujung adu jotos.

"Bupati tidak memukul duluan, dan sekarang kasus itu sudah dilaporkan ke Polres Aceh Barat oleh Zahidin yang mengaku sebagai korban," Kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Menurut Amril, tiga saksi didampingi kabag humas telah melakukan klarifikasi sejak Selasa (18/02/2020) malam hingga dini hari di Polres setempat terkait aksi duel yang telah dilaporkan ke Polres setempat.

Video aksi adu jotos itu telah tersebar luas di jejaring media sosial.

"Kami sudah mengklarifikasi tadi malam, dan kami dampingi tiga saksi hingga dini hari tadi," katanya.

Amril pun mengaku tidak mengetahui persis pemicu pertengkaran itu hingga berujung duel.

"Saya tidak tahu masalah utang seperti yang berkembang sekarang, tapi Bupati bukan yang memulai terjadi aksi adu jotos itu, " ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Bupati Aceh Barat Duel dengan Penagih Utang, Pemkab Akan Laporkan Penyebar Video ke Polisi", https://regional.kompas.com/read/2020/02/20/10061781/viral-bupati-aceh-barat-duel-dengan-penagih-utang-pemkab-akan-laporkan?page=all#page3.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved