Bencana Alam di Alahan Panjang

Longsor di Alahan Panjang, Akses Jalan Baru Bisa Dilewati Pukul 20.30 WIB, Warga Mulai Pulang

Banjir dan longsor yang terjadi di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, menyebabkan akses jalan menjadi terhambat.

Longsor di Alahan Panjang, Akses Jalan Baru Bisa Dilewati Pukul 20.30 WIB, Warga Mulai Pulang
Istimewa/Dok.BPBD Sumbar
Bencana alam tanah longsor hingga materialnya menimbun jalan sepanjang 400 meter di Alahan Panjang Jorong Sipadeh, Simpang Taratak Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Provinsi Sumbar, Kamis (13/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Banjir dan longsor yang terjadi di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, menyebabkan akses jalan menjadi terhambat. 

Jalan di Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek yang sempat tertimbun material longsor sekitar sepanjang 400 meter hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

 "Badan jalan sudah bisa dilewati namun baru kendaraan roda dua," ujar Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Armen. 

Bencana Galodo Landa Alahan Panjang, Ruas Jalan Tertimbun Material Akibat Longsor

Tujuh Kabupaten dan Satu Kota di Sumatera Barat Dilanda Banjir dan Longsor, Tutup Akses Jalan

Armen menuturkan, akibat longsor ini, ribuan warga Talang Babungo, Sariek Alahan Tigo, Sungai Abu, Alahan Panjang, sempat terjebak karena tidak bisa kembali ke rumah

Jalan yang tertimbun longsor baru bisa dilewati pukul 20.30 WIB tepatnya di Jalan Taratak Baru, Sipadieh.

"Namun untuk mobil roda empat belum bisa karena jalan licin dan banyak material menimbun badan jalan. Sedangkan mobil truk di kabarkan bisa melewati," ujarnya, Kamis (13/2/2020) malam.

Ditambahkannya, setelah jalan bisa dilewati kendaraan roda dua, warga sudah berangsur-angsur kembali pulang ke rumah masing-masing.

"Banjir juga merusak Jalan Raya di sekitar Pasar Alahan Panjang. Longsor juga terjadi di seputar Kantor KUA Alahan Panjang sehingga materialnya menimbun jalan," katanya.

Disebutkannya tadi malam jalan masih buka tutup. 

"Warga semuanya berangsur-angsur pulang, rumah mereka tidak masalah, hanya di kabarkan satu rumah yang agak parah terendam, data sedang kami kumpulkan di lokasi," tutupnya.(*)

Penulis: Rezi Azwar
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved