Kabar Kota Padang

Dompet Dhuafa Singgalang Launching Program Budidaya Ikan Nila, Targetkan 10 Penerima

Dompet Dhuafa Singgalang launcing program pemberdayaan ekonomi zakat produktif "Budidaya Ikan Nila atau Budila pada Kamis (6/2/2020) di Padang

Dompet Dhuafa Singgalang Launching Program Budidaya Ikan Nila, Targetkan 10 Penerima
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Dompet Dhuafa Singgalang launching program pemberdayaan ekonomi zakat produktif "Budidaya Ikan Nila atau Budila pada Kamis (6/2/2020) di Padang. 

Dompet Dhuafa Singgalang launching Program Budidaya Ikan Nila, Targetkan 10 Penerima Manfaat

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dompet Dhuafa Singgalang launcing program pemberdayaan ekonomi zakat produktif "Budidaya Ikan Nila atau Budila pada Kamis (6/2/2020) di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Program Budila ini pertama kali diadakan di Padang dengan penerima manfaat program lima warga Kampung Pinang, Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang Hadie Bandarian Syah mengatakan program budidaya Ikan Nila ini berasal dari dana zakat yang dihimpun DSS.

Denga target 10 orang pemanfaat yang masing-masingnya menerima 10.000 benih Ikan Nila.

"Targetnya untuk 10 orang dengan 10.000 benih ikan setiap masing-masing kolam, jadi ada 100.000 ribu benih ikan nila kesemuannya," kata Hadie Bandarian Syah Pada Kamis (6/2/2020).

Dikatakan, warga yang mendapatkan manfaat program ini juga akan dilakukan pembinaan sehingga empat bulan bisa panen Ikan Nila.

"Penerima manfaatnya sendiri kita sudah survei, dari mustahiknya targetnya empat sampai lima bulan ini bisa panen," tambahnya.

Dari hasil panen budidaya Ikan Nila sebesar 20 persen akan diinfakan untuk pengguna manfaat lainnya.

"Nanti hasilnya 20 persen dari hasil panen ikan ini diinfakan untuk pengguna manfaat lainnya. Guna mengedukasi penerima manfaat bahwa dari hasilnya ada hak dari penerima manfaat dari budi daya ikan nila ini," ungkapnya.

Kedepan, imbuhnya rancangan program yang akan dilakukan pengembangan penerima manfaat ke daerah lain di Sumatera Barat.

"Program ini akan didampingi oleh seorang pendamping. Pendamping ini akan mendampingi setiap harinya, perkembangan ikannya, perkembangan PH airnya jadi nanti kita berikan pakan juga sampai panen," tambahnya. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved