Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

VIDEO - Apel Siaga Hidrometeorologi, Ada Ambulance dan Perahu, Gubernur Cek Satu-satu

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memimpin apel siaga bencana Hidrometeorologi tingkat Provinsi Sumbar d

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memimpin apel siaga bencana Hidrometeorologi tingkat Provinsi Sumbar di RTH Imam Bonjol, Jumat (31/1/2020).

Apel siaga diikuti ratusan personil terdiri atas unsur TNI, Polri, BPBD, Tim SAR, Tim Kesehatan, Pemadam Kebakaran dan lain sebagainya.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto saat Selesai Mengikuti Apel Siaga Bencana Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Longsor Tingkat Provinsi Sumbar
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto saat Selesai Mengikuti Apel Siaga Bencana Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Longsor Tingkat Provinsi Sumbar (istimewa)

Selain itu, tampak sejumlah perlengkapan disiagakan di lokasi upacara seperti perahu karet, mobil pemadam kebakaran, mobil ambulance dan sebagainya.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, prediksi BMKG, ESDM, dan instansi terkait hujan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sumbar hingga April 2020.

Menurut dia, kesiapan atas prediksi itu harus ditindaklanjuti dengan apel dan mempersiapkan segala sesuatu hal oleh masing-masing pihak yang punya kewenangan dan tanggung jawab.

"Kepala daerah harus mensosialisasikan kepada mereka yang tinggal di tepi sungai untuk mau segera direlokasi baik secara permanen karena bencana terus berulang," ujar Irwan Prayitno.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Sumbar rentan terhadap banjir dan tanah longsor karena berada di kawasan perbukitan.

Untuk itu, edukasi terhadap masyarakat harus dijalankan secara berkelanjutan dan ke depan
perlu merancang perencanaan mitigasi total.

"Perencanaan melibatkan banyak hal, bisa jadi para pakar dan sebagainya," sebut Irwan Prayitno.

Artikel ini telah tayang di Tribunpadang.com dengan judul Ratusan Personil Ikuti Apel Siaga Hidrometeorologi, Ada Ambulance dan Perahu, Gubernur Cek Satu-satu

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved