Breaking News:

Berita Tanah Datar Hari Ini

Galodo di Padang Laweh Malalo Kini, Status Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang 7 Hari

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang di Padang Laweh Malalo

Istimewa/Dok:BPBD Tanah Datar/Kompas.com
Empat rumah warga dilaporkan hancur akibat banjir bandang di Tanah Datar, Sumbar, Jumat (17/1/2020) lalu. 

TRIBUNPADANG.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang di Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, selama 7 hari terhitung Sabtu (18/1/2020).

"Status tanggap tanggap darurat bencana banjir bandang di Padang Laweh Malalo 18-24 Januari 2020," kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma yang dihubungi Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Zuldafri menyebutkan, akibat bencana banjir bandang yang melanda Jumat (17/1/2020) itu tercatat empat rumah warga hancur diterjang banjir bandang.

Selain itu, satu rumah mengalami rusak sedang dan tiga rusak ringan.

"Rusak berat juga dialami kantor PDAM, warung, bengkel dan usaha perabot milik warga. Selain itu, dilaporkan juga ada satu unit mobil dan sepeda motor yang hanyut terseret air," kata Zuldafri.

Banjir badang itu juga sempat membuat akses jalan lingkar Danau Singkarak terputus total karena jalan ditutupi material longsor.

Ampu Nak, Ampu Gadang Tibo Nak, Ermawati Dengar Bunyi Batu Besar Saat Buka Pintu Sebelum Galodo

Pengamat Lingkungan:Bencana Galodo Terjadi Karena Penebangan Hutan dan Intensitas Curah Hujan Tinggi

Material longsor menutupi badan jalan sepanjang 200 meter dengan tinggi hingga 1,5 meter.

"Tapi, sekarang akses jalan sudah bisa dilewati dengan lancar," ujar Zuldafri.

Saat ini, kata Zuldafri, korban banjir bandang membutuhkan makanan siap saji dengan nutrisinya, pakaian, selimut dan lainnya.

"Sekarang korban membutuhkan makanan siap saji dengan nutrisinya seperti telur, vitamin dan lainnya. Selain itu, pakaian dan selimut dibutuhkan bagi korban yang rumahnya hancur," kata Zuldafri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul; "Pemkab Tanah Datar Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Selama 7 Hari"

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved