Breaking News:

Situjuah Batua Barolek Godang 2020

Situjuah Batua Art And Culture Festival hingga Upacara Peringatan Peristiwa Situjuah, 15 Januari

Agenda Situjuah Batua Barolek Godang 2020 resmi yang dimulai, Sabtu (12/1/2020) hingga 20 Januari mendatang

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
Istimewa/Panpel Situjuah Batua Barolek Godang 2020
Situjuah Batua Barolek Godang 2020 resmi yang dimulai, Sabtu (12/1/2020) hingga 20 Januari mendatang. Puncaknya, saat peringatan Peristiwa Situjuah ke-71 pada 15 Januari 2020 mendatang. 

Anak Nagari Barolek Gadang Gelar Situjuah Batua Art And Culture Festival, Adapula Lomba

AGENDA Situjuah Batua Barolek Godang 2020 resmi yang dimulai, Sabtu (12/1/2020) hingga 20 Januari mendatang. Puncaknya, saat peringatan Peristiwa Situjuah ke-71 pada 15 Januari 2020.

Rilis yang diterima TribunPadang.com, Senin (14/1/2020) menyebutkan anggaran untuk kegiatan ini dari partisipasi masyarakat dan peredaran uang dalam acara tersebut, yang menembus Rp 2,4 miliar atau setara dengan setahunan nilai APB-Nagari.

"Hari ini (Sabtu 12/1/2020, red), secara resmi launching Situjuah Batua Art and Culture Festival. Ivent kolaborasi budaya, seni dan pariwisata. Ada arak iriang niniak mamak, bundo kanduang dan anak keponakan," kata DV Dt Tan Marajo, Walinagari Situjuah Batua, Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, Sumbar seperti dikutip dari rilis, Senin.

Menurut Tan Marajo, Situjuah Batua Art and Culture Festival, merupakan ivent yang digagas Ikatan Keluarga Situjuah Batua (IKSB) Jabodetabek serta Nusantara dan Luar Negeri dengan anak Nagari.

Acara ini diprakarsai antara lain perantau Hakim Agung RI Irfan Fachrudin, Direktur Kehakiman Mahkamah Agung Haswandi Dt Marajo nan Rambaian, Doffi Johar Dt Rajo Mansua nan Bakuku Ameh, Feri Domnal, Bodi CH dan Muhammad Bayu Vesky.

Turut hadir dalam acara ini, Pucuak Adat Situjuah Batua Dt Udo, Wagub Sumbar Nasrul Abit, perantau IKSB di Jerman dan beberapa wilayah di Tanah Air, Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Nagari serta tidak kurang dari 5.000an orang masyarakat.

"Pelaksanaan Situjuah Batua Barolek Godang, rangkaiannya ada 3 kegiatan. Pertama tanggal 12 Januari (Sabtu-red). Kedua tanggal 13 Januari (Senin, red) Batagak Panghulu dan terakhir 15 Januari (Rabu red) Upacara Peristiwa Situjuah ke-71," jelas Tan Marajo.

Peringatan Peristiwa Situjuah ke-71, dalam jadwalnya bakal dipimpin Irup Jendral TNI Purn Luhut Binsar Panjaitan yang juga Menko Maritim.

Sebelumnya, Wali nagari Tan Marajo, pada 2019 lalu juga berkirim surat ke Presiden Joko Widodo. Surat itu, berisi permintaan agar Jokowi memimpin upacara peringatan Peristiwa Situjuah sebagai rangkaian PDRI 1948-1949.

Oleh Presiden Jokowi, diutus Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI Purn Moeldoko, Wamen ESDM Archandra Tahar dan eks Menteri Bappenas Andrinof Chaniago (Komut BRI).

Pada kesempatan itu, Menko PMK Muhadjir Effendi sebelumnya, juga diharapkan untuk dapat menjadi inspektur upacara atau Irup. 

Situjuah Batua Art and Culture Festival 2020, diisi dengan beragam acara dan ritual budaya. Termasuk, ada pertunjukan silek lanyah, hingga lomba foto nasional.

"Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh donatur, atas support moril dan materilnya. Sehingga ivent perdana ini bisa kita laksanakan," kata panitia Festival, Bodi CH dan Feri Domnal serta Dodi Dt Katumangguangan. (*/rls/tribunpadang.com/emil mahmudsyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved