Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Komunitas PIPIS Punguti Sampah saat Pantai Air Manis Padang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Komunitas Pemuda Indonesia Peduli Sampah atau disingkat PIPIS, punguti sampah yang bertebaran di Pantai Air Manis, Padang, Minggu (12/1/2020).

TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Komunitas Pemuda Indonesia Peduli Sampah atau disingkat PIPIS, punguti sampah yang bertebaran di Pantai Air Manis, Padang, Minggu (12/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Komunitas Pemuda Indonesia Peduli Sampah atau disingkat PIPIS, punguti sampah yang bertebaran di Pantai Air Manis, Padang, Minggu (12/1/2020).

Saat itu, Pantai Air Manis Padang ramai dikunjungi wisatawan.

Pantauan TribunPadang.com, terlihat puluhan orang mengumpulkan sampah dan memasukkannya ke dalam karung dan keranjang.

Setelah itu diangkut menggunakan bentor untuk dikumpulkan pada satu titik.

PIPIS hingga Pasukan Kuning Turun ke Batang Arau Padang, Bergelimang Lumpur Memungut Sampah

"Aktivitas kita pada hari ini seperti biasanya pada Minggu sore untuk mengumpulkan sampah," kata Ridhora Murdianto (29), seorang Inisiator PIPIS Sumbar, Minggu (12/1/2020).

Dijelaskannya, turut hadir juga dari PIPIS Indonesia, Clean up Sumatera, Ocean Care Project, Clean The City, Rumah Anjuang, kumpulan Cagar Budaya, dan aliansi Kota Tua.

"Kita mengajak semuanya seperti pengunjung dan warga yang berada di kawasan wisata Pantai Air Manis Kota Padang untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Menurutnya, pantai saat ini sudah banyak dipenuhi oleh sampah-sampah berbagai jenis, sehingga membuat pantai terlihat buruk.

Solusi Sampah di Kawasan Danau Cimpago Padang, Wagub Nasrul Abit: Bisa Dibersihkan Jika . . .

"Rata-rata kita mengutamakan sampah plastik, tapi kita juga mengumpulkan sampah-sampah seperti kayu dan lainnya," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya butuh dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengangkut sampah-sampah yang telah dikumpulkan tersebut untuk dibawa menggunakan truk.

"Kegiatan hari ini dimulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Harapan kami untuk masyarakat yang berada di hulu untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Menurutnya, jika sampah dibuang ke sungai, lalu sungai akan membawa sampah ke muara.

Sedangkan muara membawa sampah ke laut, dan laut kembalikan ke tepi pantai.(*)

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved