Truk Tangki Terguling di Padang

Kronologi Tergulingnya Satu Unit Truk Bermuatan Premium di Panorama II

Kronologi tergulingnya satu unit truk tangki bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di tikungan menjelang Panorama II, Kelurahan Indarung,

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Mona Triana
istimewa
Satu unit truk tangki bermuatan premium terguling akibat hilang kendali dan membuat akses Padang - Solok tutup, Senin (6/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kronologi tergulingnya satu unit truk tangki bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di tikungan menjelang Panorama II, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Senin (6/1/2020)

Kanit Laka Lantas Polresta Padang, Iptu Efriadi menjelaskan bahwa kejadian truk tangki dengan nomkr polisi BA 8146 WU tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Tingkatkan Infrastruktur, Pemkab Solok Selatan Gencar Cari Peluang Dana dari Investor hingga CSR

SUMBAR - Truk Tangki BBM Terguling di Jalan Padang-Solok| UNP Kukuhkan 4 Guru Besar Baru

Dijelaskannya kejadian tersebut terjadi akibat mengalami hilang kendali.

"Kronologinya truk tangki tersebut datang dari arah barat menuju arah timur atau datang dari arah Panorama I menuju panorama II, namun hilang kendali (out kontrol) dan menabrak tebing sehingga terbalik," katanya, Selasa (7/1/2020).

Dijelaskannya bahwa truk terdebut dikemudikan oleh Rahmadiyanto (30), dan juga penumpangnya bernama Husen (27).

BREAKING NEWS - Truk Tangki BBM Terguling di Jalan Padang-Solok, Arus Jalan Ditutup 2 Jam

Jalan Padang - Solok Diperkirakan Kembali Normal Setelah Muatan Truk Tangki Dievakuasi

"Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun truk tangki mengalami kerusakan dam minyak jenis premium tumpah ke jalan," katanya.

Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Zulkafde juga mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi akibat truk tangki mengalami hilang kendali pada Senin (6/1/2020).

Karena kejadian tersebut terjadi di wilayah hukum Polsek Lubuk Kilangan, hingga malam hari ia beserta personilnya melakukan evakuasi terhadap truk dan melakukan pengaturan lalu lintas, karena arus lalin sempat tutup.

Truk Tangki Terguling di Jalan Raya Padang-Solok, BBM Dievakuasi ke Truk Tangki Lainnya

Truk Tangki BBM Terguling di Tanjakan Panorama II Sitinjau Lauik, Akses Padang - Solok Ditutup

"Kronologis kejadian berawal ketika mobil truk tangki Pertamina BA 8146 QU bermuatan premium melaju dari arah Padang menuju Solok, ketika sampai di lokasi selang angin truk lepas sehingga perseneling dan rem tidak berfungsi," ujarnya.

Disebutkannya bahwa menurut keterangan saksi dari Husen (27) diketahui bahwa sopir sudah berusaha untuk mengendalikan truk dengan membanting stir ke arah tebing. Hal itu dikarenakan bermuatan berat dan mengakibatkan truk terbalik.

Ia juga menyebutkan bahwa truk melintang di badan jalan dan BBM tertumpah di jalanan.

BREAKING NEWS Truk Tangki Bermuatan BBM Diduga Solar Terguling di Tanjakan Sitinjau Lauik

41 Jabatan Struktural Kelurahan di Kota Padang Kosong, DPRD Desak Wali Kota Segera Menunjuk

"Sopir dan penumpang truk selamat dan tidak mengalami luka. Masyarakat yang melintas di TKP langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lubuk Kilangan," ujarnya.

Disebutkannya bahwa jalan Padang - Solok sempat tutup karena proses evakuasi pemindahan BBM yang masih tersisa.

Sedangkan untuk BBM yanh tumpah ke jalanan dilakukan penyiraman oleh pihak Pemadam Kebakaran Kota Padang, dan Satlantas Polresta Padang melakukan penebaran serbuk gergaji untuk meminimalisisr penyebarak minyak yang tumpah.

Daftar Harga Laptop Gaming di J-Bros Kota Padang Dapat Cashback Hingga Rp 500 ribu

Tingkatkan Infrastruktur, Pemkab Solok Selatan Gencar Cari Peluang Dana dari Investor hingga CSR

Tidak hanya itu, dikatakannya juga bahwa pihak PT Semen Padang juga datang untuk membantu dan melakukan penyiraman terhadap minyak yang tumpah di badan jalan.

"Pada pukul 22.30 arus lalin Padang - Solok sudah bisa dilalui, tapi untuk dapat di lalui dari kedua arah dalam keadaan lancar sekitar pukul 23.30 WIB," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved