Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

Sambut Natal dan Tahun Baru 2020, Basarnas Padang Siagakan 74 Personel

Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang atau Basarnas Padang, menggelar apel siaga SAR khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Saridal Maijar
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Personel Basarnas Padang usai apel siaga SAR khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Padang, Rabu (18/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang atau Basarnas Padang, menggelar apel siaga SAR khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kegiatan apel siaga SAR ini dilaksanakan di Pelataran Kantor Basarnas Padang, Rabu (18/12/2019).

Dalam sambutan Kepala Basarnas Padang, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito yang dibacakan oleh Kepala Basarnas Padang, Asnedi meminta personel menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat.

"Utamanya masyarakat yang akan membutuhkan pelayanan SAR di mana dan kapanpun dibutuhkan, dan kami siap," katanya.

Basarnas Ungkap Kendala Evakuasi Korban Tertimbun Longsor Tambang Tanah Clay di Padang

Ia mempersiapkan personel SAR khusus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk menjaga sinergitas antar pelayanan masyarakat, baik TNI/Polri dan seluruh personel SAR.

"Semua itu agar menjaga kekompakan di lokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan," sebutnya.

Dijelaskannya, seluruh personil SAR harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas, karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat.

2 Siswa MTs di Pasaman Barat yang Hanyut Belum Ditemukan, Basarnas Masih Lakukan Pencarian

"Maka Basarnas Padang sendiri mempersiapkan pelaksanaan siaga Natal, dan Tahun Baru terbagi dalam beberapa wilayah kerja dengan sasaran pelabuhan, terminal, bandara dan beberapa titik tempat wisata yang dicurigai padat pengunjung menjelang dan menutup Tahun Baru," sebutnya.

Basarnas Padang juga menyiapkan peralatan pendukung keselamatan lainnya yang dibutuhkan Basarnas.

"Anggota Basarnas Padang berjumlah 74 orang yang terbagi dari dua pos dan 1 satu kapal, rescue spider (ekskavator), rescue truk compertaiment, SAR Comm, dan MFR Vehiclle, satu unit KN SAR Yudhistira, dua unit RIB (Rigid Infatable Boat)," katanya.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved