Gerhana Matahari Cincin

Lokasi Terbaik Lihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia 26 Desember 2019 ada di Kab. Siak Riau

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 sebenarnya bisa dilihat dari berbagai daerah di Indonesia namun yang paling baik adalah Siak.

Lokasi Terbaik Lihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia 26 Desember 2019 ada di Kab. Siak Riau
Twitter.com/@infoBMKG
Gerhana matahari cincin terjadi di Indonesia, berikut daftar kota dan waktunya. 

Lokasi Terbaik Lihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia 26 Desember 2019 ada di Kab. Siak Riau

TRIBUNPADANG.COM - Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kapubaten Siak, Riau disebut sebagai lokasi terbaik untuk melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 sebenarnya bisa dilihat dari berbagai daerah di Indonesia namun yang paling baik adalah Siak.

“GMC terjadi karena fokus bayangan tidak tepat seperti bayangan bulan. GMC akan melewati daerah Sumatera utara, Riau (Siak, Duri, Bengkalis), Kepri dan sedikit Kalimantan. The greatest eclipse jatuh disekitar pulau Pedang Kabupaten Siak. Puncak GMC terjadi pada 12:17 WIB," kata Kepala Bidang Diseminasi LAPAN, Emanuel Sungging Mumpuni, seperti dikutip TribunTravel dari laman gerhanaindonesia.id, Senin (16/12/2019).

Malansir dari TribunSiak.com (TribunPekanbaru), grand launching Gerhana Matahari Cincin 2019 sudah dilakukan jauh-jauh hari yaitu Jumat (15/2/2019).

Daftar Daerah di Indonesia yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Lewati 7 Provinsi

Grand Launching GMC 2019 ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang adanya peristiwa yang dijuluki Ring of Fire itu.

"Kita tidak ingin melewatkan peristiwa alam ini begitu saja. Karena itu kita melaksanakan grand launching sekarang ini agar informasi ini viral terlebih dahulu," kata Bupati Siak Syamsuar seperti melansir dari TribunSiak, Februari 2019 lalu.

Menurutnya, Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini bakal jadi satu event pariwisata di Kabupaten Siak.

"Ini sekaligus momentum yang paling pas buat kita yang sedang "menjual" pariwisata ke manca negara. Melalui peristiwa itu daerah kita bakal di datangi banyak orang," katanya.

Seperti dikutip dari TribunSiak, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Siak Fauzi Asni memaparkan kesiapan penyambutan Gerhana Matahari Cincin (GMC) 26 Desember 2019.

Halaman
12
Editor: afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved