Hari Disabilitas Internasional

Alokasi Dana Desa untuk Pemenuhan Kebutuhan Disabilitas Jadi Sorotan

Hari Disabilitas Internasional (HDI) jatuh pada Selasa (3/12/2019) dimaknai sebagai peningkatan kesadaran berbagai pihak terhadap raga

Alokasi Dana Desa untuk Pemenuhan Kebutuhan Disabilitas Jadi Sorotan
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Antoni Tsaputra menuruni tangga menggunakan alat bantu saat menuju mobilnya di depan RTH Imam Bonjol, Padang, Selasa (3/12/2019). 

Hari Disabilitas Internasional, PPDI: Kami Betul-betul Ingin Berpartisipasi dalam Pembangunan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Hari Disabilitas Internasional (HDI) jatuh pada Selasa (3/12/2019) dimaknai sebagai peningkatan kesadaran berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas.

Selain itu, juga sebagai bagian memperjuangkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas.

"Kami betul-betul ingin berpartisipasi dalam pembangunan. Ke depannya, kami ingin lihat di Musrenbang sebagai contoh, ada perwakilan disabilitas di sana."

"Dan juga pembangunan desa, misalnya. Di dana desa itu malah sudah dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan disabilitas, tapi (diduga) belumlah mengimplementasikannya secara baik," kata Sekretaris PPDI Kota Padang Antoni Tsaputra, Selasa (3/12/2019).

Menurutnya, komitmen bersama dalam pemenuhan kebutuhan disabilitas menjadi penting serta tidak hanya bagi pemerintah, tetapi juga masyarakat.

"Intinya, mindset inklusif harus tercipta di tengah masyarakat," tegasnya.

Terkait kesejahteraan disabilitas, Antoni Tsaputra menuturkan, memang sebagian teman-teman disabilitas berada pada kategori penduduk miskin.

Hanya saja, imbuhnya sebagai masyarakat juga tidak bisa menyalahkan kondisinya. Mengingat lingkungan mereka juga tidak memberikan aksesibilitas sebagaimana mereka mau bekerja, misalnya.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved