VIDEO: Wamen LHK Aule Duhong Pimpin Delegasi Konferensi Perubahan Iklim di Madrid Spanyol

VIDEO: Wamen LHK Aule Duhong Pimpin Delegasi Konferensi Perubahan Iklim di Madrid Spanyol

VIDEO: Wamen LHK Aule Duhong Pimpin Delegasi Konferensi Perubahan Iklim di Madrid Spanyol

TRIBUNPADANG.COM, MADRID - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Aule Duhong memimpin delegasi Indonesia dalam perhelatan Konferensi Perubahan Iklim atau Conference of the Parties (COP25) yang diselenggarakan di Kota Madrid, Spanyol.

Gelaran Madrid Climate Change Conference ini akan berlangsung hingga 13 Desember mendatang.

"Jelang tahun 2020 adalah time for actions.Kita siap mengimplementasikan Paris Agreement," kata Wamen Alue Duhong, saat ditemui disela-sela persiapan Konferensi Perubahan Iklim di Kota Madrid yang diikuti berbagai negara dari berbagai penjuru dunia.

VIRAL Foto Alat Ukur Kualitas Udara ISPU Bertuliskan TINGGALKAN RIAU, Ini Penjelasan KLHK

Wamen menjelaskan, aspek yang paling krusial dalam gelaran COP25 kali ini adalah tentang artikel 6 yang disepakati dalam Paris Agreement.

Paris Agreement merupakan kesepakatan global penanggulangan iklim pasca tahun 2020. Wamen memastikan, mulai Januari 2020 Paris Agreement memasuki tahap implementasi.

Indonesia, jauh sebelum Nationally determined contributions (NDC) atau kontribusi secara nasional terkait target penurunan emisi nasional, telah dibuktikan untuk mengurangi emisi sebesar 26 persen atas upaya sendiri dan 41 persen dengan bantuan internasional.

Tim Gabungan BNPB Serahkan Bantuan ke Wilayah Terisolasi Banjir dan Tanah Longsor Solsel

Baca: Menteri LHK: Atasi Dampak Perubahan Iklim dengan Ketahanan Nasional

Dijelaskan, dalam pelaksanaan konferensi perubahan iklim kali ini yang paling krusial adalah terkait artikel 6 dalam Paris Agreement. Dua hal yang akan dilakukan, baik mekanisme pasar dan non pasar.

"Dan tentu mekanisme pasar ini bisanya yang paling hangat negosiasinya. Karena kegunaan mekanisme pasar dalam mencapai Paris Agreement itu, sangat dinamis," ujar Wamen Duhong.

"Ada negara-negara yang sepakat,tapi ada juga ada yang tidak sepakat. Kita berharap COP 25 ini ada kejelasan (tentang) mekanisme itu," lanjutnya.

Paris Agreement salah satunya menetapkan tujuan ambisius untuk membatasi pemanasan global hingga di bawah 2 derajat celcius. Sambil mengejar upaya untuk membatasi kenaikan hingga 1,5 derajat celcius.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wamen Alue Dohong Pimpin Delegasi Konferensi Perubahan Iklim di Madrid Spanyol

Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved