Festival Bumi 2019 Segera Berakhir, Penilaian Dewan Juri Lomba Bakal Diumumkan

Direktur Festival Bumi, S Metron Masdison mengemukakan bahwa rangkaian agenda Festival Bumi 2019 yang terdiri dari berbagai lomba dan event kebudayaan

Festival Bumi 2019 Segera Berakhir, Penilaian Dewan Juri Lomba Bakal Diumumkan
Ist/Dokumen Panitia Workshop
Direktur Festival Bumi, S Metron Masdison (kedua dari kanan), yang kali ini tampil selaku nara sumber saat workshop di Padang, Kamis (12/9/2019) beberapa waktu lalu. 

Festival Bumi 2019 Ada Beragam Peserta Ikuti Lomba Esai Teater

TRIBUNPADANG.COM - Direktur Festival Bumi, S Metron Masdison mengemukakan bahwa rangkaian agenda Festival Bumi 2019 yang terdiri dari berbagai lomba dan event kebudayaan bakal berakhir. 

“Meskipun gairah lomba tidak sekuat Anugrah Wisran Hadi, lomba esai ini cukup memuaskan panitia. Pasalnya peserta lomba bukan hanya orang-orang yang bersinggungan langsung dengan Bumi Teater tetapi ada juga yang tidak bersinggungan langsung secara grup maupun secara bidang keilmuan, teater,” ujar S Metron Masdison didampingi Armeynd Sufhasril selaku Direktur Program Festival Bumi 2019 kepada Tribunpadang.com, Rabu (27/11/2019).

Menurut S Metron Masdison, lomba esai ini bertujuan untuk melihat bagaimana Bumi Teater dari beragam generasi.

"Pesertanya beragam, akademisi, tenaga pendidik, sastrawab, sejarawan, hingga pelajar atau mahasiswa, pun ikut berpartisipasi," ujar S Metron Masdison.

Sampai sejauh ini lanjutnya pihak panitia telah menerima 20 naskah untuk dinilai dalam lomba kali ini.

“Kami ingin tahu, pandangan dari masing-masing generasi. Terlebih generasi hari ini dalam melihat Bumi Teater,” tutur S Metron Masdison.

S Metron Masdison menambahkan, bahwa ada dua nama dewan juri yang akan menilai naskah esai tersebut selain dirinya yakni, Khairul Jasmi (jurnalis) dan Dede Pramayoza (akademisi).

Pihak dewan juri menilai berbagai naskah dari para peserta lomba, termasuk hasil riset serta data dan fakta yang akurat.

Karenanya, imbuh S Metron Masdison dalam penilaian dewan juri akan berlangsung lewat diskusi hebat nantinya.

Selanjutnya, pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2019 mendatang usai penjurian dilakukan.

Sedangkan, untuk penyerahan hadiah dilangsungkan pada saat Malam Anugrah Festival Bumi pada 5 Desember 2019.

Dewan juri akan memilih lima pemenang. Masing-masing pemenang akan mendapatkan uang sebesar Rp. 3 juta piala dan sertifikat.

Sebelumnya, lomba esai yang menjadi agenda Festival Bumi 2019 ditutup resmi pada tanggal 20 November 2019 lalu. Lomba esai ini menganggakat tema ‘Bumi Teater dan Peristiwa yang Mengililinginya’. (*)

Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved