Anugerah Wisran Hadi

Panitia Festival Bumi 2019 Ungkapkan Terima 39 Judul Buku Fiksi, Termasuk Non-fiksi

Panitia Festival Bumi 2019 resmi menutup penerimaan naskah buku untuk Anugerah Wisran Hadi hingga 16 Oktober 2019 lalu.

Panitia Festival Bumi 2019 Ungkapkan Terima 39 Judul Buku Fiksi, Termasuk Non-fiksi
Ist/Dokumen Panitia Workshop
S Metron Masdison (kedua dari kanan), Direktur Festival Bumi 2019 diabadikan ketika menjadi nara sumber dalam sebuah workshop bersama pemateri lainnya di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (12/9/2019) lalu. 

Festival Bumi 2019 Ungkapkan Panitia Terima 39 Judul Buku

TRIBUNPADANG.COM - Panitia Festival Bumi 2019 setelah resmi menutup penerimaan naskah buku untuk Anugerah Wisran Hadi 16 Oktober 2019 lalu, tercatat 39 judul buku yang masuk ke pihak panitia penyelenggara.

Tercatat sebanyak 25 naskah dari kategori fiksi dan 14 dari kategori non-fiksi yang diterima panitia dari penulis Sumatera Barat (Sumbar), baik yang menetap maupun domisili di luar Sumbar.

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Festival Bumi 2019, S Metron Masdison yang menghubungi TribunPadang.com, Jumat (22/11/2019) malam.

Menurutnya, jumlah naskah yang diterima panitia pun melebihi target yang terdiri dari kategori naskah fiksi ataupun naskah non-fiksi.

 “Selain jumlah yang mencukupi dari target panitia, itu juga menunjukkan kualitas lomba. Persaingan akan ketat,” kata S Metron Masdison didampingi Armeynd Sufhasril, Direktur Program Festival Bumi 2019..

Dia menyebutkan sederet nama terkenal di jagad sastra Indonesia menghiasi lomba kali ini seperti; Yusrizal KW, Heru Joni Putra, Deddy Arsya, bahkan Isbedy Stiawan ZS dari Lampung.

Sebelum dilakukan perpanjangan waktu penerimaan, dikatakan naskah yang diterima panitia sudah mencapai target.

"Awalnya panitia mengira naskah yang masuk lebih banyak dari kategori fiksi. Tapi ternyata naskah dari kategori non-fiksi tak kalah banyaknya. Hampir berimbang. Ada puluhan,” ujarnya.

Sebelumnya, naskah buku yang dikirimkan adalah naskah terbitan Januari 2017 hingga Oktober 2019 dengan tema Minangkabau. Bahkan ada yang bukan orang Minangkabau.

Pihaknya menjelaskan naskah buku tersebut akan dikirimkan kepada tiga orang dewan juri untuk melakukan penilaian, yaitu Raudha Taib dan Gus Tf dan seorang akademisi, Sudarmoko.

Nantinya, pemenang Anugrah Wisran Hadi akan diumumkan pada 2 Desember 2019 mendatang. Yakni satu kategori hanya akan ada satu orang pemenang dan hadiah akan diserahkan pada Malam Anugerah di 5 Desember 2019 mendatang.

Selain Anugrah Wisran Hadi yang menjadi fokus acara, Festival Bumi 2019 juga mengadakan Lomba Esai ‘Bumi Teater’, dramatic reading dari tiga perguruan tinggi di Padang dan juga sesi diskusi. (TribunPadang.com/Emil Mahmudsyah)

Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved