KKP Gelar Konsultasi Publik Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu Klaster Mentawai

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar acara Konsultasi Publik Rencana Zonasi (RZ) Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Klaster Ment

KKP Gelar Konsultasi Publik Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu Klaster Mentawai
TribunPadang.com/Rizka Desri Yusfita
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar acara Konsultasi Publik Rencana Zonasi (RZ) Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Klaster Mentawai di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Selasa (19/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar acara Konsultasi Publik Rencana Zonasi (RZ) Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Klaster Mentawai di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Selasa (19/11/2019).

Konsultasi publik tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan rencana KKP melalui Direktorat Perencanaan Ruang Laut untuk menata aset negara melalui penyusunan RZ KSNT Klaster Kepulauan Mentawai meliputi Pulau Sibaru-baru, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Niau.

Ombudsman Perwakilan Sumbar Buka Posko Pengaduan CPNS 2019

Bos PT Agimitra Utama Persada Ditahan Mapolda Sumbar

Kepala Seksi Kawasan Strategis Nasional Tertentu Arief Sudianto mengatakan, RZ KSNT Klaster Mentawai diperlukan untuk mendukung pertahanan keamanan di bagian Barat Indonesia dan kawasan pariwisata bahari unggulan nasional.

Hal tersebut di antaranya juga didukung Peraturan Pemerintah RI No 62 tahun 2010 tentang pemanfaatan Pulau-pulau Kecil Terluar Pasal 3 dan Pasal 4.

"PPKT merupakan KSNT dimana pemanfaatannya dilakukan oleh pemerintah bersama-sama dengan pemerintah daerah," kata Arief Sudianto.

TRIBUNWIKI: Bawaslu Sumbar Butuh 537 Tenaga Pengawas di 179 Kecamatan, Lihat Persyaratannya

Lima Warga Tersambar Petir di Agam Sumbar, BMKG Peringatkan Potensi Adanya Awan Cumulonimbus

Kemudian, Keppres RI No 6 tahun 2017 tentang penetapan Pulau-pulau kecil terluar.

"Di Indonesia, terdapat 111 PPKT, dimana 3 PPKT terletak di provinsi Sumatera Barat yaitu Pulau Sibaru-baru, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Niau yang berada di Kepulauan Mentawai," ungkap Arief Sudianto.

Dikatakannya, rencana zonasi akan menentukan arah penggunaan sumber daya tiap-tiap satuan perencanaan disertai dengan penetapan struktur dan pola ruang pada kawasan perencanaan.

Info Cuaca Sumbar 19-21 November 2019, Cerah Berawan dan Waspada Hujan Lebat di Pesisir Selatan

Dua Mobil Pikap Tabrakan di Tanah Datar Sumbar, Seorang Sopir Tewas, Satu Lagi Luka-luka

Kawasan perencanaan tersebut, memuat kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan serta kegiatan yang hanya dapat dilakukan setelah memperoleh izin.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved