Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia, Gubernur Terima Sertifikat Asli Penetapan

Sertifikat itu diberikan oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Arief Rachman.

Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia, Gubernur Terima Sertifikat Asli Penetapan
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Sertifikat asli penetapan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sebagai Warisan Dunia sudah diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran, Selasa (29/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sertifikat asli penetapan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sebagai Warisan Dunia sudah diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran, Selasa (29/10/2019).

Sertifikat itu diberikan oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Arief Rachman.

Arief Rachman meminta agar sertifikat tersebut
jangan sampai menjadi 'arsip mati’, tetapi bendera Ombilin Sawahlunto terus dikibarkan kepada penerus bangsa.

Dengan harapan generasi penerus bangsa Indonesia dan masyarakat mancanegara dapat tertarik untuk mengetahui tentang Warisan Dunia Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto.

"Karena sudah lima tahun kita berjuang dan baru sekarang kita dapatkan," sebut Arief Rahman.

Yuk! Pertahankan Warisan Dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Najmuddin Ramly menyampaikan beberapa harapan setelah ditetapkannya Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia.

Ke depan, lanjutnya, pemerintah bersama-sama masyarakat harus mengptimalkan bagaimana kota Sawahlunto khususnya dan Sumbar umumnya mendapatkan kesejahteraan dan mendapat nilai tambah.

Terutama, tujuh kabupaten dan kota yang dilewati mendapat efek dominan dari kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Khusus Ombilin, komitmen gubernur dan tujuh pimpinan daerah yang dilalui Mak Itam, saya kira sangat optimal.

Saat menyusun rencana induk pengelola saja, digotongroyongi kepala daerah yang daerahnya dilewati rel kereta api itu," terang Najmuddin Ramly.

UNESCO Tetapkan Kawasan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Sumbar Jadi Situs Warisan Dunia

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, pemerintah dan masyarakat Sumbar patut berbangga hati sudah ditetapkan pertambangan Batu Bara Ombilin era kolonial Belanda di Sawahlunto sebagai warisan budaya dunia

"Kita semua tahu, prosesnya ini butuh kerja keras dan tidak mudah serta membutuhkan waktu yang panjang dalam kajian dari UNESCO," jelas Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar menjelaskan, UNESCO menilai konsep yang terdapat dalam sistem penambangan batubara tersebut, secara keseluruhan memenuhi keunikan kebudayaan yang khas dalam menata infrastruktur pada masa itu.

"Dengan adanya pengakuan tersebut, kita tidak boleh diam. Harus ada sinergi dari semua pihak. Mari kita lestarikan dan pertahankan," ujar Irwan Prayitno. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved