Berita Sumbar Hari Ini

Tamat SMP Bisa Jadi Perangkat Desa di Sumbar, Wagub Nasrul Abit: Tingkat Pendidikan Perlu Ditinjau

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, SDM perangkat desa terbatas. Keterbatasan perangkat desa diatur dalam Perda.

Tamat SMP Bisa Jadi Perangkat Desa di Sumbar, Wagub Nasrul Abit: Tingkat Pendidikan Perlu Ditinjau
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Wagub Sumbar Nasrul Abit usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, SDM perangkat desa terbatas. Keterbatasan perangkat desa diatur dalam Perda.

"Ini Perda yang mengatur demikian. Karena masing-masing desa mengusulkan Perda, perangkat desa harus berpendidikan paling rendah tamatan sekolah menengah umum atau sederajat," kata Nasrul Abit di Padang, Senin (28/10/2019).

Tingkat pendidikan di desa, kata Nasrul Abit sebenarnya inovasi dari masing-masing daerah karena Perda Nagari di kabupaten diatur oleh nagari masing-masing.

Belanja ke PKL yang Jualan di Trotoar, Warga Padang Akan Disanksi, Pemko Siapkan Perdanya

Berbeda dengan Perda yang diterapkan di Provinsi, perangkat desa harus berpendidikan paling rendah tamatan SMP. Bahkan pernah paket D atau sederajat.

"Nah, ini barangkali ke depan, karena kita sudah masuk era revolusi 4.0, tingkat pendidikan kepala desa atau perangkat desa perlu ditinjau," sebut Nasrul Abit.

Nasrul Abit menjelaskan, Perda bisa saja direvisi asal ada kemauan duduk bersama dengan DPRD. Kemudian, dikonsultasikan dengan tokoh masyarakat.

Wali Kota Mahyeldi Kukuhkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang, Diharap Menghasilkan Perubahan

"Gak ada masalah. Di tengah masyarakat bisa saja terjadi asal musyawarah dan mufakat serta bisa diterima," ujar Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Nasrul Abit menyarankan, alangkah bagusnya putra daerah yang berpotensi, di mana ia sudah menyelesaikan pendidikan, diberikan peluang untuk itu.

"Kalau emang ada peluang mereka di nagari itu, masukkan mereka di sana. Mereka bisa membantu kerja perangkat desa lainnya.

Mungkin mereka punya inovasi. Dan tanggungjawab mereka akan lebih besar karena putra daerah asli," tutur Nasrul Abit.(*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved