Rumah Bersejarah Bung Tomo di Kota Malang Terancam Dibongkar

Keberadaan rumah peningggalan Soetomo atau akrab dikenal dengan Bung Tomo yang ada di Jalan Ijen nomor 6 Kota Malang, terancam rusak.

Rumah Bersejarah Bung Tomo di Kota Malang Terancam Dibongkar
KOMPAS.COM/ANDI HARTIK
Ilustrasi: Rumah bekas Bung Tomo yang ada di Jalan Ijen nomor 6 Kota Malang, Selasa (8/10/2019) 

TRIBUNPADANG.COM - Keberadaan rumah peningggalan Soetomo atau akrab dikenal dengan Bung Tomo yang ada di Jalan Ijen nomor 6 Kota Malang, terancam rusak.

Belum diketahui apakah rumah itu bakal dibongkar atau direnovasi.

Namun begitu, terlihat aktivitas pengerjaan bangunan dan berbagai material bangunan di rumah pahlawan nasional yang terkenal dengan perjuangannya dalam pertempuran 10 November di Surabaya itu.

Tembok bagian belakang terlihat sudah rusak akibat aktivitas pembangunan tersebut.

Sedangkan, pagar bagian depan tertutup rapat.

Di pagar itu juga sudah terlihat kerangka kayu yang biasanya dimanfaatkan untuk penutup lokasi supaya aktivitas pengerjaan di dalamnya tidak terlihat.

"Nampaknya ada aktivitas pembangunan. Apakah mau dibongkar, saya belum tahu," kata Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang, Agung Buana, Selasa (8/10/2019).

Agung Buana mengatakan, bangunan itu merupakan bangunan cagar budaya bersama deretan rumah lainnya di sepanjang Jalan Ijen.

Rumah itu dibangun pada masa penjajahan kolonial Belanda.

"Bangunannya masuk dalam kategori cagar budaya dengan nilai penting pada pemiliknya dan kemungkinan peristiwa yang terjadi pada bangunan tersebut," kata Agung Buana.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved