Terkumpul Rp 4,2 M untuk Perantau yang Terdampak Kerusuhan di Wamena, Bisa Jadi Modal Usaha

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan hingga Rabu malam (2/10/2019) sudah terkumpul donasi sebanyak Rp 4,2

Terkumpul Rp 4,2 M untuk Perantau yang Terdampak Kerusuhan di Wamena, Bisa Jadi Modal Usaha
TRIBUNPADANG.COM/DEBI GUNAWAN
Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit saat menghadiri acara Malam Amal Peduli Wamena oleh Lintas Komunitas Muda di V-Coffe Padang tadi malam, Rabu (2/10/2019). 

Terkumpul 4,2 Miliar, Wagub Sumbar Usulkan Masyarakat Sumbar yang Terdampak Kerusuhan di Wamena Dikasih Modal Usaha

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Debi Gunawan

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan  hingga Rabu malam (2/10/2019) sudah terkumpul donasi sebanyak Rp 4,2 Miliar guna membantu masyarakat Sumbar yang terdampak kerusuhan di Wamena Papua.

Wagub telah mengusulkan kepada Gubernur Sumbar untuk membantu para korban kerusuhan agar dibantu memberikan modal usaha.

"Kalau perlu yang pulang kampung dan tinggal di sana itu kita beri modal, walaupun berapapun dapatnya," ungkap Nasrul Abit saat menghadiri acara Malam Amal Peduli Wamena oleh Lintas Komunitas Muda di V-Coffe Padang tadi malam, Rabu (2/10/2019).

Untuk keputusan itu, ia mengaku menunggu persetujuan dulu dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, termasuk menerima masukan dari segala pihak.

"Mana yang terbaiklah, untuk mereka sementara ini. Jadi untuk pegangan berupa biaya ke kampung," jelas Nasrul Abit

Selain itu, semua masyarakat Sumbar yang sudah sampai di Padang akan diberikan bantuan sebanyak satu juta rupiah per orang.

Nasrul Abit mengungkapkan semua donasi yang terkumpul akan dipikirkan langkah terbaik bagaimana penyalurannya jika ada yang berlebih.

"Yang jelas itu akan kita berikan kepada mereka, karena itu hak mereka," ungkap Nasrul Abit.

Menanggapi 21 orang yang pulang kampung menggunakan dana pribadi, Nasrul Abit mengaku pemerintah belum sampai membahas langkah selanjutnya.

"Kita belum berbicara soal itu, karena mereka sudah pulang duluan jadi kita anggap mampu, tapi nanti kalau ada bantuan, akan kita samaratakan dengan yang lain," ungkap Nasrul Abit.

Penulis: Debi Gunawan
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved