Berita Padang Hari Ini

Penyandang Disabilitas di Padang Dibekali Kemandirian saat Hadapi Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang gelar pelatihan untuk meningkatkan kemandirian dari penyandang disabilitas

Penyandang Disabilitas di Padang Dibekali Kemandirian saat Hadapi Bencana
ISTIMEWA/DOK.BPBD PADANG
Suasana pelatihan peningkatan kemandirian penyandang disabilitas oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Rabu (2/10/2019). 

BPBD Kota Padang Tingkatkan Kemandirian Penyandang Disabilitas Saat Terjadinya Bencana

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang gelar pelatihan untuk meningkatkan kemandirian dari penyandang disabilitas, Rabu (2/10/2019).

BPBP Kota Padang dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat secara Inklusif adalah untuk Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), Organisai Penyandang Disabilitas (OPEDIS), Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Gerakan Tuna Runggu Indonesia, (GERGATIN) Himpunan Wanita Disabiltas Indonesia) yang berada di Kota Padang.

"Yang menginspirasi kami dari BPBD Kota Padang untuk melakukan ini, karena memang bencana itu semuanya bisa kena, termasuk teman-teman disabilitas," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Edy Hasymi, Rabu di Padang.

Edy Hasymi berharap saat terjadi bencana, teman-teman disabilitas bisa mengevakuasi dirinya sendiri atau bahkan membantu orang lain.

Dijelaskannya bahwa musibah atau ujian bisa menghampiri siapa saja, termasuk penyandang disabilitas. Itu artinya, mereka juga harus memiliki upaya untuk mengurangi atau meminimalisir risiko bencana.

"Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kemandirian dari Penyandang Disabilitas. Termasuk dalam proses evakuasi saat terjadi bencana," ujar Edy Hasymi.

Edy Hasymi menambahkan, pelatihan tersebut penting untuk mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas, dan lebih mandiri.

"Kalau kita bicara masalah evakuasi, individu kan berhak mengevakuasi, nah itu yang ingin kita capai. Bagaimana teman-teman bisa mengevakuasi dirinya dan menolong yang lain," tambah Edi Hasymi.

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved