Aplikasi Fish On Mulai Sentuh Nelayan di Pariaman

KemenkoMaritim RI bekerja sama dengan star up, yang mengembangkan aplikasi untuk menangkap ikan bernama Fish On yang sasarannya

Aplikasi Fish On Mulai Sentuh Nelayan di Pariaman
TribunPadang.com/Rima Kurniati
Suasana Seminar Pembangunan Potensi Maritim dan Mitigasi Bencana yang digagas kementerian terkait dan pemerintah daerah, Kota Padang dan Pariaman, Provinsi Sumbar serta didukung juga Kompas-Gramedia, pada Sabtu (7/9/2019) di Mercure Hotel Padang, Sumbar. 

TRIBUNPADANG.COM - KemenkoMaritim RI bekerja sama dengan star up, yang mengembangkan aplikasi untuk menangkap ikan bernama Fish On yang sasarannya meningkatkan kesejahteraan nelayan dari hasil melaut mereka.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Spice Route Connexion Indonesia(SRCI) 2019 hasil kerja sama tim terpadu dari segenap instansi terkait, Pemda serta Kompas Gramedia.

Desa Maritim di Kota Pariaman Diresmikan di Pantai Gandoriah, 7 Desa Ditunjuk Jadi Percontohan

Desa Maritim di Kota Pariaman Diresmikan di Pantai Gandoriah, 7 Desa Ditunjuk Jadi Percontohan

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Deputi KemenkoMaritim, Dedy Miharja saat berdialog dengan nelayan Kota Pariaman di Pantai Gandoriah dalam acara peresmian Desa Maritim, Minggu (8/9/2019). 

"Indonesia termasuk negara maritim tentu kita harus bisa mengekplorasi laut sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Indonesia. Oleh karena itu, dengan kebijakan implementasikan program satu juta nelayan berdaulat diharapkan nelayan ini berubah pola pikirnya serta pendapatannya menjadi meningkat”, ujanya seperti dikutip rilis Diskominfo Kota Pariaman kepada TribunPadang.com, Senin (9/9/2019).

Sinopsis Drama India Episode 50 Ishq Mein Marjawan Senin 9 September di ANTV Pukul 11.00 WIB

Hari Terakhir, Promo Diskon Hotel HARBELNAS dari Traveloka Hingga Rp 999 Ribu

“Program ini telah diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan pada tanggal 8 April 2019 yang lalu di Sukabumi, Jawa Barat dan pelatihan bagi para nelayan dua hari seseudah launching, dan pada hari ini diluncurkan untuk masyarakat Kota Pariaman”, sambung rilis yang disampaikan Plt Diskominfo Kota Pariaman, Hendri pada Senin.

Dedy juga menjelaskan bahwa Aplikasi Fish On dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan yang muaranya untuk pengentasan kemiskinan terkhusus nelayan.

MP3 Ayu Ting Ting feat Keremcem Apalah Cinta, Lirik dan Video Klip di Youtube

Waktu Yang Salah Cover Hanin Dhiya Tersedia Lirik Lagu dan Video Klip

Diharapkan nelayan bisa langsung menjual hasil tangkapannya ke konsumen tanpa melalui tengkulak. 

"Mereka juga bisa langsung mengetahui tempat-tempat di mana ada ikan, ini membuat operasional mereka lebih efisien. Cara ini akan lebih efektif sebab mereka bisa mendapatkan harga yang lebih mahal," ujarnya.

Inilah 4 Zodiak yang Tidak Mau Mengaku Sedang Jatuh Cinta:Taurus,Aries,Scorpio

Maudy Ayunda Pamit ke Penggemar Melalui Single Terbarunya, Tagar #GoodByeMaudy Trending Twitter

Sementara itu, Chief Executive officer, Fajar Widisasono, yang mengembangkan aplikasi Fish On mengatakan bahwa dengan aplikasi ini nelayan bukan lagi mencari ikan, tapi menangkap ikan.

“Biasanya nelayan mencari ikan kemudian baru menangkapnya, namun dengan aplikai ini bisa dideteksi kumpulan ikan sehingga nelayan tinggal menangkapnya saja”, ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Mona Triana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved