Surfival 2019

10 Film Nominasi Sumbar Film Festival 2019 Dirilis, Berikut Ini Judul Film yang Lewati Tahap Kurasi

Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 merilis sepuluh nominasi film yang telah melewati tahap kurasi yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

10 Film Nominasi Sumbar Film Festival 2019 Dirilis, Berikut Ini Judul Film yang Lewati Tahap Kurasi
ISTIMEWA/DOK.PANITIA SURFIVAL 2019
Ilustrasi: Salah satu nominasi poster film dokumenter Surfival 2019 berjudul; Masijago Porak Mai ( Menjaga Tanah Adat) Sutradara Gilang Syahbani dari DAAI TV 

Dewan Juri Pilih Sepuluh Film Menjadi Nominasi Surfival 2019
TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 merilis sepuluh nominasi film yang telah melewati tahap kurasi yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

Rilis dari pihak panitia Surfival 2019, yang diterima TribunPadang.com, Rabu (15/8/2019) menyebutkan dari sederet film masing-masing lima judul untuk kategori berbeda yakni dokumenter dan fiksi.

Hingga mengerucutnya jumlah film yang bertahan dan menjadi film nominasi, akhirnya agenda Surfival 2019 semakin mendekati puncaknya.

Film-film nominasi tersebut selanjutkan akan dijurikan untuk memperebutkan kategori ide terbaik, pilihan juri, dan film terbaik pada Malam Anugrah pada 18 Agustus 2019 mendatang.

Ryan Candra Putra, selah seorang Tim kurator (ketua Koperasi Film Sumatera Barat) mengatakan bahwa film-film yang diterima tim kurator berasal dari berbagai daerah.

Menurutnya, peserta kali ini ada yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan, Banten, Bali, hingga Makasar.

“Meskipun Surfival 2019 berskala nasional tetapi penilaian paling dasar tentu film-film yang lolos merupakan film-film yang sesuai dengan tema Surfival baik dokumenter maupun fiksi. Itu sudah pengetahuan umum setiap festival, namun sering dipandang sebelah mata karena lebih mementingkan teknik dan lain-lain” ungkap Ryan melalui rilisnya, Rabu.

Selain Adi, turut juga bertugas sebagai kurator yaitu Adyatma Abirama, seorang penerima fasilitasi produksi Surfival 2018 dan nominator di Jogja Asian-NETPAC Internaional Film Festival, dan Elsa Rahmadani, seorang produser film dan finance Manager Andalas Film Exhibition.

Menurut Elsa Rahmadani, film-film yang masuk nominasi kali ini di antaranya memiliki ide yang menarik.

“Dibandingkan Tahun 2018 film-film tahun ini memiliki variasi ide yang lebih banyak. Dalam artian, film-film yang masuk dari tahun ke tahun semakin meningkat dari segi kualitas” jelas Elsa.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved