Breaking News:

Kasus drg Romi Gagal Jadi PNS, KPPPA: Masih Banyak yang Belum Paham tentang Keberadaan Disabilitas

Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(KPPPA) Nyimas Aliyah mengatakan pihaknya telah mem

TribunPadang.com/Rizka Desri Yusfita
Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nyimas Aliyah mendampingi drg Romi Syofpa Ismael.jpg 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Nyimas Aliyah mengatakan pihaknya telah membaca semua dokumen terkait gagalnya drg Romi Syofpa Ismael menjadi PNS karena penyandang disabilitas.

Menurut Nyimas Aliyah, pembatalan status CPNS drg Romi Syofpa Ismael ada diskriminasi terhadap kalangan difabel dalam proses seleksi CPNS.

BERITA POPULER SUMBAR - Dukungan untuk drg Romi Syofpa dan Kabut Asap Selimuti Dharmasraya

Soal Pembatalan Kelulusan CPNS drg Romi, Eks Panselnas Angkat Bicara: Ini Butuh Kebijakan Khusus

Dukungan untuk Dokter Gigi Romi yang Kelulusan Hasil Tes CPNS Dibatalkan Terus Mengalir

"Kami melihat memang ada diskriminasi. Oleh karena itu, kami fokus kepada upaya-upaya persuasif dan menyelesaikan persoalan di luar jalur hukum," kata Nyimas Aliyah saat ditemui di Basko, Padang, Minggu (28/7/2019).

Nyimas Aliyah juga menyampaikan pihaknya memahami masih banyak masyarakat yang belum paham tentang keberadaan disabilitas.

"Masyarakat masih belum paham keberadaan disabilitas. Mereka masih menganggap disabilitas adalah orang sakit dan orang tidak mampu.

Padahal sebetulnya yang disabilitas itu adalah lingkungan. Kami melihat teman-teman penyandang disabilitas banyak yang sukses," ujar Nyimas Aliyah.

Ramalan Zodiak Cinta 29 Juli 2019, Pisces Pasangan Sumber Kebahagiaan, Scorpio Harmonis

Ramalan Zodiak Minggu Ini 28 Juli-3 Agutus 2019,Penghasilan Cancer Meningkat,Bisnis Libra Bermasalah

Gelang Letcu Kerajinan Khas Bumi Sikerei Diminati Wisatawan Lokal Hingga Mancanegara

Lebih lanjut, ia mengatakan, KPPPA akan terus memfasilitasi jika drg Romi Syofpa Ismael membutuhkan pendampingan hukum.

"Kami berharap kasus ini tidak sampai ke persidangan. Lagian pihak Pemda sudah memberikan signal untuk pemulihan hak drg Romi. Semoga ke depan signal ini bisa memperkuat status drg Romi segera dipulihkan," jelas Nyimas.

Masyarakat Bikin Surat Pernyataan Dukungan untuk Dokter Gigi Romi Syofpa

Dokter Gigi Romi Syofpa Dinilai Warga Telah Banyak Membantu Pasien di Puskesmas Talunan

Soal Pembatalan CPNS drg Romi Syofpa, Ombudsman Sumbar Panggil Bupati Solok Selatan

Ke depannya, KPPPA akan berkoordinasi dengan Pemkab Solok Selatan serta akan mengadakan rapat konsolidasi dengan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Insya Allah, kami ingin drg Romi dipulihkan haknya karena ini pembelajaran bagi kita semua. Ini juga sebagai uji bagi undang-undang no 8 tahun 2016 apakah perlu ditambah atau direvisi.

Kami juga akan bersinergi dengan teman-teman di Padang yang dari awal memberikan pendampingan kepada Drg. Romi," kata Nyimas. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved