Dukungan untuk drg Romi Terus Mengalir, Heppy Sebayang: Ada Salah Tafsir Sehat Jasmani Rohani

Ada salah tafsir sehat jasmani dan rohani yang tertera dalam undang-undang dalam pembatalan CPNS drg Romi.

Dukungan untuk drg Romi Terus Mengalir, Heppy Sebayang: Ada Salah Tafsir Sehat Jasmani Rohani
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
drg Romi Syofpa Ismael didampingi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan kuasa hukum dari LBH Padang Wendra Rona Putra 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ketua Lembaga Advokasi dan Perlindungan Penyandang Disabilitas Indonesia Heppy Sebayang mengatakan pihaknya akan ambil bagian mengembalikan hak drg Romi Syofpa Ismael yang batal menjadi PNS karena menyandang disabilitas.

"Kami hadir sebagai lembaga advokasi yang konsentrasi pada isu disabilitas. Kami akan membantu drg Romi mengembalikan hak-haknya serta mendukung langkah hukum yang ditempuh drg Romi," kata Heppy Sebayang di Padang, Minggu (28/7/2019).

Ia mengatakan ada salah tafsir sehat jasmani dan rohani yang tertera dalam undang-undang dalam pembatalan CPNS drg Romi.

"Seringkali terjadi persoalan salah tafsir terhadap undang-undang mengenai sehat jasmani dan rohani. Ini adalah pengalaman karena kami sering berinteraksi dengan isu disabilitas," jelas Heppy Sebayang.

Kementerian Pemberdayaan PPA akan Bawa Kasus Dokter Gigi Romi dalam Rapat Khusus Bersama

BERITA POPULER SUMBAR - Dukungan untuk drg Romi Syofpa dan Kabut Asap Selimuti Dharmasraya

Menurut Heppy Sebayang sehat jasmani dan rohani yang tertera dalam undang-undang bukan bermaksud untuk membatasi hak penyandang disabilitas.

Sebab, menurutnya jika difabel punya kompetensi dan kemampuan, maka mereka punya ruang dan kesempatan untuk masuk menjadi CPNS.

"Tafsiran frase soal sehat jasmani dan rohani ini belum ada. Sehingga ditafsirkan berbeda oleh pihak yang berkepentingan.

Ini sebenarnya hanya tinggal bagaimana seseorang menafsirkan makna sehat jasmani dan rohani tersebut," ungkapnya.

Masyarakat Bikin Surat Pernyataan Dukungan untuk Dokter Gigi Romi Syofpa

Penjelasan Kepala BKPSDM Solok Selatan Terkait drg Romi Syofpa Ismael,Menunggu Persetujuan Panselnas

Yang jelas, dikatakannya, sehat jasmani dan rohani dalam undang-undang bukan dimaksudkan untuk menghalangi, membatasi atau bahkan menghilangkan hak-hak disabilitas sepanjang orang tersebut memiliki kompetensi dan kemampuan.

Lebih lanjut ia berharap Bupati Solok Selatan untuk mengoreksi keputusan yang telah diambil.

"Kami menunggu pihak Pemda untuk mengoreksi itu. Sebab tafsirannya agak keliru. Jika tidak dilakukan, drg Romi punya hak untuk membawa kasus ini hingga ke pengadilan. Pengadilan adalah jalur yang akan kami tempuh dan pilih," tutup Heppy Sebayang.(*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved