Breaking News:

Sumbar

Pisang Jumbo Asli Solok Selatan, Ternyata Beratnya Capai 50 Kg per Tandan

Pisang berukuran jumbo, hiasi pameran Hari Gerak Keluarga (HGK) PKK Nasional di Lapangan Imam Bonjol

Penulis: Debi Gunawan | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/DEBI GUNAWAN
Tandan Pisang Roti, bobotnya mencapai 50 Kg per tandan, Kamis (25/7/2019). 

Pisang Jumbo Asli Solok Selatan, Beratnya Capai 50 Kg per Tandan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Debi Gunawan

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pisang berukuran jumbo, hiasi pameran Hari Gerak Keluarga (HGK) PKK Nasional di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (25/7/2019).

Pisang yang dinamai pisang roti ini merupakan hasil seleksi indigenois dari tanaman pisang yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

Mendagri Tjahjo Kumolo Buka HGK PKK Ke-47, Dihiasi Tarian Kolosal Sumarak Ranah Minang

Pisang roti ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya ukuran yang besar.

Bobot yang dimiliki pisang ini bisa mencapai 30 Kg sampai 50 Kg per tandannya.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Solok Selatan, Risa Hervina mengatakan pisang ini baiknya langsung diolah ketika masih muda.

"Karena kadar vitamin c yang dimikinya terlalu tinggi, jadi kalau matang agak asam," ungkap Risa Hervina kepada TribunPadang.com, Kamis (25/7/2019).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama para gubernur, termasuk Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat Nasional ke-47 di Lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Kamis (25/7/2019).

Kedatangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo disambut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan istri Nevi Zuairina. Serta Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit didampingi Istri Wartawati.

Sembari berjalan menuju kursi yang disediakan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo disambut hangat ibu-ibu PKK dan mengajaknya untuk berswafoto.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama para gubernur, termasuk Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat Nasional ke-47 di Lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Kamis (25/7/2019). Kedatangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo disambut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan istri Nevi Zuairina. Serta Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit didampingi Istri Wartawati. Sembari berjalan menuju kursi yang disediakan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo disambut hangat ibu-ibu PKK dan mengajaknya untuk berswafoto. (TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita)

Pisang ini banyak dijadikan sebagai bahan dasar olahan kue kering dan kue basah.

Selain itu, jantung dari pisang roti ini dapat dijadikan bahan dasar dendeng jantung pisang.

Risa Hervina mengungkapkan pihak dinas pertanian telah membagikan bibit kepada masyarakat. 

"Tahun 2018 dibagikan 1000 batang ke masyarakat, dan Tahun 2019 ini sekitar 800," ungkap Risa Hervina .

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved