Sumbar

Ketahui Program Imbal Jasa Lingkungan DAS Kampar di Sekitar Pasaman dan Lima Puluh Kota

Program Inisiasi Pengembangan Program Imbal Jasa Lingkungan (Payment for Environmental Services/PES) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar

TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Rapat kerja teknis tindak lanjut pengembangan program imbal jasa lingkungan di di Whiz Prime Hotel, Padang, Selasa (23/7/2019). 

Mengenal Program Imbal Jasa Lingkungan Daerah Aliran Sungai Kampar

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Program Inisiasi Pengembangan Program Imbal Jasa Lingkungan (Payment for Environmental Services/PES) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar merupakan program yang diinisiasi oleh World Wide Fund (WWF) Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Siti Aisyah, program tersebut berupa jasa yang diberikan kepada lingkungan, di antaranya jasa air bersih, udara sehat, dan lain sebagainya.

"Hal tersebut wujud upaya pelestarian sumber daya alam yang diharapkan dapat menjaga ekosistem daerah masyarakat hulu dan hilir.

Selama ini mayoritas masyarakat beranggapan, SDA harus dijaga. Padahal, sebetulnya kita juga butuh keseimbangan kehidupan secara ekonomi," kata Siti Aisyah di Whiz Prime Hotel, Padang, Selasa (23/7/2019).

Siti Aisyah menambahkan program ekonomi dan lingkungan harus disinergikan. Untuk mensinergikan hal tersebut, butuh bembiayaan agar bisa dikembangkan.

"Masyarakat di hulu DAS Kampar, yakni di Sungai Lolo (Pasaman) dan Batang Mahat (Lima Puluh Kota) adalah petani penanam gambir yang membuka lahan di bukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang sangat curam.

Kami perlu mengupayakan penanaman gambir yang berwawasan lingkungan, perlu penerapan teknologi, perlu terasering dan selingan tanaman.

Tentu hal tersebut butuh biaya, promosi, dan sarana penunjang," jelas Siti Aisyah.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved