Yuk! Pertahankan Warisan Dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto

Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto telah resmi menjadi Warisan Budaya Dunia The United Nations Educational, Scientific and Cultural

Yuk! Pertahankan Warisan Dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno 

Upaya Pemprov Sumbar Pertahankan Warisan Dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto telah resmi menjadi Warisan Budaya Dunia The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Setelah dikukuhkan UNESCO, Pemrov Sumbar akan berkomunikasi dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud yang selama ini dinilai cukup aktif dan intensif memperjuangkan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto jadi warisan dunia.

Demikian diungkapkan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno saat ditemui TribunPadang.com, Senin (8/7/2019).

Selain itu, Pemrov Sumbar juga akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Di antaranya Kabupaten Solok, Kota Solok, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, dan Kota Padang.

"Kita perlu duduk bersama membuat Badan Pengelola untuk Ombilin. Kita buat struktur, program, dan anggarkan dana baik dari provinsi, kabupaten/kota maupun pusat. Sebab ini bukan saja milih daerah, tetapi juga milik nasional," ujar Irwan Prayitno.

Dikatakannya lagi, nantinya akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan di wilayah Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Seperti penyempurnaan infrastruktur, penyelenggaraan iven untuk menarik wisatawan, promosi serta tetap menjaga heritage-nya.

"Berdasar arahan UNESCO, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi hingga 2021. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah mampu membuat perencanaan," tutup Irwan Prayitno. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved