Kuasa hukum Baiq Nuril Berharap Presiden Jokowi Keluarkan Amnesti Sebelum Eksekusi

Pihak Nuril sangat berharap Presiden Jokowi mengeluarkan amnesti sebagai bentuk perlindungan hukum negara bagi korban pelecehan seksual.

Kuasa hukum Baiq Nuril Berharap Presiden Jokowi Keluarkan Amnesti Sebelum Eksekusi
(KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO)
Kuasa hukum dan koalisi save Ibu Nuril melakukan konferensi pers di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNPADANG.COM - Kuasa hukum Baiq Nuril Maknum, Aziz Fauzi berharap Presiden Joko Widodo memberikan amnesti kepada kliennya segera mungkin.

"Ini kewenangan prerogatif dari Pak Presiden. Kami sangat mengharapkan Bapak (Jokowi) bisa melihatnya," ujar Aziz dalam konferensi pers di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019).

Aziz mengatakan, putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak Peninjauan Kembali (PK) sangat membuat kliennya kecewa terhadap hukum di Indonesia.

Menurut Aziz, semestinya hukum melindungi korban pelecehan seksual seperti Nuril.

Oleh sebab itu, pihak Nuril sangat berharap Presiden Jokowi mengeluarkan amnesti sebagai bentuk perlindungan hukum negara bagi korban pelecehan seksual.

22 Nama Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Calon Kepala Ombudsman Sumbar, Ini Proses Selanjutnya

20 Juta Pekerjaan di Seluruh Dunia Akan Digantikan Robot pada 2030, Begini Dampak Ekonominya

"Saya kira, di situlah tepatnya amnesti dikeluarkan. Karena itu inisiatif dari presiden, bukan 'by request' seperti grasi dengan catatan ada kepentingan negara. Kepentingan negara ya tadi, negara berkomitmen melindungi semua korban kekerasan seksual," lanjut dia.

Anggota Koalisi Save Ibu Nuril, Ade Wahyudin menambahkan, pihaknya sempat mengkonsultasikan kasus Baiq ini DPR RI dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

Namun, tidak pernah ada titik terang.

Kini, justru MA menolak PK Baiq sehingga ia mesti menjalani hukuman selama enam bulan penjara dan denda Rp 500 juta.

"Sebelumnya, kami sudah audiensi ke DPR dan KSP. Setelah putusan MA ini, tentu saja kami akan menagih ke DPR dan KSP, mereka berjanji ada eksaminasi. Langkah permohonan amnesti juga sedang kita komunikasikan. Semoga sebelum adanya eksekusi, Presiden Jokowi memberikan amnesti kepada Nuril," papar Ade.

Cara Melihat HASIL SELEKSI PPDB Online 2019 SMA/SMK Sumbar di ppdbsumbar.id, 8 Juli Hasil Final

Download (Unduh) Kumpulan Lagu Barat Populer Beautiful People Ed Sheeran Feat Khalid hingga Perfect

Halaman
12
Editor: afrizal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved