Seniman Bukittinggi Handiwirman Susul Jejak Affandi dan Heri Dono Pameran di Venice Art Biennale

Handiwirman Saputra menjadi seniman Indonesia, yang diundang khusus Paviliun Internasional di ajang

Seniman Bukittinggi Handiwirman Susul Jejak Affandi dan Heri Dono Pameran di Venice Art Biennale
ISTIMEWA/DOK.PRIBADI
Handiwirman Saputra menjadi seniman Indonesia, yang memamerkan karyanya di Paviliun Internasional pada ajang pameran di Italia baru-baru ini. 

Seniman Bukittinggi Handiwirman Susul Jejak Affandi dan Heri Dono Pameran di Venice Art Biennale

TRIBUNPADANG.COM- Handiwirman Saputra menjadi seniman Indonesia, diundang khusus Paviliun Internasional di ajang Venice Art Biennale (VAB) ke-58, di Kota Venice, Italia baru-baru ini.

Seniman asal Kota Bukittinggi ini akan memboyong karya-karyanya pada pameran seni tertua dan terbesar di dunia hingga 24 November 2019 mendatang.

Handiwarman merupakan orang Indonesia ketiga yang ikut ambil bagian di ajang Venice Art Biennale ini.

Sebelumnya, pada Tahun 1958 ada Affandi, dan Heri Dono pada tahun 1990.

Venice Art Biennale merupakan pameran seni tertua, terbesar dan terkemuka di dunia, dimulai pada tahun 1895, dan menjadi barometer karya-karya seni bernilai tinggi, dan diikuti oleh 90 negara.

Finalis Uda Uni Kota Padang Dapat Pembekalan Materi dari Seniman Multitalenta Sumbar

Isyana Sarasvati dan Gamaliel Nyanyikan OST Film Aladdin A Whole New World, Lihat VIDEO Klip

"Ada empat obyek karya seni instalasi dan satu buah lukisan yang akan dipamerkan paja ajang Venice Art Biennale tersebut," ucap Alumni SMA 1 N Bukittinggi, Jumat (21/6/2019) melalui pesan elektronik WhatsApp/WA yang diterima kerabatnya, Satria Putra dan disampaikan kepada TribunPadang.com, Sabtu (22/6/2019).

Salah satu karya seni instalasi yang bakal dipajang oleh pria yang akrab dipanggil dengan sapaan Kamang ini adalah karya berbentuk pemangkasan tanaman yang dipotong-potong, lalu tumbuh lagi.

"Untuk mendapatkan bentuk tanaman yang diharapkan, kita memotong-motongnya. Itu ada maksud dan tujuan filosofisnya," imbuh Satria mengutip pesan Alumnus SMP 1 N Bukittinggi dari Italia.

Sementara itu, rekan-rekannya turut bahagia dan senang saat mendengar sesama alumni sekolah, satu kampung dan satu permainan ikut pameran pada ajang internasional sekelas ajang Venice Art Biennale tersebut.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved