Ikan Bilih Terancam Punah, Wagub Sumbar Nasrul Abit:5000 Nelayan Gantungkan Hidup di Danau Singkarak

Lepas 20 Ribu Bibit Ikan di Danau Singkarak, Wagub Sumbar Nasrul Abit: Jangan Bernasib seperti Danau Maninjau

Ist/HumaspemprovSumbar
Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menebar 20 ribu bibit ikan jenis paweh dan asem di Danau Singkarak, Jumat (21/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM - Wakil Gubernur Sumbat Nasrul Abit memberi warning terkait kelangkaan Ikan Bilih yang hidup di Danau Singkarak

Ikan endemik Danau Singkarak ini pun terancam punah bila warga sekitar terus memasang bagan, alat penangkap ikan Bilih, sehingga berdampak pada ekonomi warga sendiri. 

"Jika bagan terus-menerus dipasang tentu akan memusnahkan ikan khas danau singkarak (ikan bilih). Hal tersebut akan berdampak besar terhadap perekonomian nelayan," ujar Nasrul Abit.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan saat ini ada sekitar 5 ribu nelayan tradisional yang menggantungkan hidupnya kepada Danau Singkarak.

Yuk! Nikmati Sensasi Pedasnya Masakan Pangek Kepala Ikan dan Bilih dari Batusangkar

Ikan Bilih Endemik Danau Singkarak, Si Kecil Nan Lezat

Sebagai antisipasi populasi ikan di Danau Singkarak yang kini mulai berkurang, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menebar 20 ribu bibit ikan jenis paweh dan asem di Danau Singkarak, Jumat (21/6/2019).

Terkait kelangkaan ikan bilih akibat pemasangan bagan, Wagub Nasrul Abit tak menginginkan kondisi Danau Singkarak tidak kondusif seperti Danau Maninjau dalam usaha karamba perikanan.

"Hal itu dikarenakan jumlah keramba yang melebihi kapasitas. Jumlah keramba ada 21 ribu, sementara kapasitasnya hanya sekitar 6.000," ucap Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga meminta pengguna bagan dan seluruh komponen masyarakat di sekitar Danau Singkarak sadar agar bersama-sama menjaga danau tetap produktif dan sehat dengan menyelamatkan keberadaan ikan bilih agar tidak musnah.

Selain itu, Wagub Nasrul Abit juga meminta tata ruang yang ada di sekitar Danau Singkarak agar ditata kembali untuk lebih baik.

INFO CUACA Wilayah Sumatera Barat, Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Hingga Pukul 13.00 WIB

Warung Kopi Kurma Suguhkan Kopi Rasa Nusantara, Depan Lapas Muara Padang

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Yosmeri juga prihatin atas keberadaan ikan bilih di Danau Singkarak yang makin langka.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved