Universitas Padjadjaran Mulai Buka Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Universitas Padjadjaran ( Unpad) membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur pada tahun akademik 2019/2020.

Universitas Padjadjaran Mulai Buka Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri
KOMPAS.com/RENI SUSANTI
Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. 

TRIBUNPADANG.COM- Universitas Padjadjaran ( Unpad) membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur pada tahun akademik 2019/2020.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, Unpad juga melakukan seleksi jenjang sarjana melalui jalur mandiri yang disebut Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran (SMUP).

Menurut Pelaksana Tugas Rektor Unpad Rina Indiastuti, seleksi melalui jalur mandiri juga bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa dengan input yang terbaik.

“Tentu Unpad sudah konsisten ingin meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan akan mudah ditingkatkan kalau kualitas mahasiswanya merupakan kualitas baik,” ucap Rina, dikutip dari keterangan tertulis Unpad, Sabtu (1/6/2019).

Menurut keterangan di laman resminya, Seleksi Mandiri Unpad menitikberatkan pada kemampuan akademik, bukan hanya kemampuan dari segi ekonomi.

Peserta yang diterima melalui Jalur Mandiri membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi (UKT 5) dan dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda.

Perlu diketahui, rentang jumlah DP itu mulai dari Rp 20.000.000 sampai Rp 250.000.000 untuk program studi bidang Saintek.

Sedangkan, untuk program studi bidang Soshum jumlahnya antara Rp 15.000.000 sampai Rp 75.000.000. Namun, jika ada calon mahasiswa yang terbukti berasal dari keluarga tidak mampu tetap dapat mengikuti Seleksi Mandiri serta tidak diwajibkan membayar biaya DP dan UKT.

Mengenai daya tampung, Unpad menyediakan 1.403 kursi baik untuk program studi bidang Saintek maupun Soshum pada Seleksi Mandiri tahun ini.

Jadwal SMUP 2019 Unpad

Halaman
123
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved