Breaking News:

Lebaran 2019

Wagub Sumbar Nasrul Abit Terima Pengaduan Wisatawan Selama Libur Lebaran

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan pihaknya banyak menerima laporan terkait pungutan liar (Pungli) dari wi

TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit 

Selama Libur Lebaran, Wagub Sumbar Nasrul Abit Terima Pengaduan Wisatawan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan pihaknya banyak menerima laporan terkait pungutan liar (Pungli) dari wisatawan selama libur lebaran 2019.

Hal itu menurut Nasrul Abit mengganggu kenyamanan pengunjung saat berada di daerah objek wisata.

"Sudah ada didirikan posko pengaduan untuk wisatawan di daerah objek wisata. Kami menerima aduan wisatawan tersebut, beberapa sudah saya respon," ungkap Nasrul Abit, Senin (10/6/2019).

Beberapa laporan yang diterima Nasrul Abit antara lain maraknya tukang pungli di Pantai Padang dan tarif masuk atau parkir yang terlalu mahal.

"Pungutan liar ini dikuasai oleh preman. Ini harus kita tertibkan agar hal serupa tidak terulang lagi," sambung Nasrul Abit.

Selain ditertibkan, lanjut dia, Dinas Pariwisata Sumbar juga harus melakukan evaluasi kembali.

Tujuannya, agar berbagai objek wisata yang ada di Sumbar tertata kembali sehingga mampu menarik wisatawan.

"Panggil semua kepala dinas kabupaten/kota. Lakukan evaluasi segera. Kemudian tanggapi keluhan-keluhan yang disampaikan pengunjung dan ditindaklanjuti," tegas Nasrul Abit.

Pungli menurut Nasrul Abit merupakan sebuah karakter beberapa masyarakat di berbagai objek wisata yang telah menimbulkan ketidaknyamanan wisatawan.

"Pemerintah telah berupaya mengantisipasi permasalahan tersebut. Hanya saja pungli terjadi karena adanya kesempatan. Untuk memberantasnya, perlu komitmen semua pihak," tutur Nasrul Abit.

Selain itu, Nasrul Abit meminta petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) diperbanyak agar bisa mengawasi orang-orang bertingkah laku menyimpang yang dapat meresahkan masyarakat.

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved