Halaman Kantor Gubernur Sumbar Jadi Lokasi Shalat Idul Fitri 2019 di Padang, Masjid Raya Alternatif

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat akan menggelar Shalat Idul Fitri 1440 H / 2019 M pada Rabu, (5/6/2019) di halaman Kantor Gubernur

Halaman Kantor Gubernur Sumbar Jadi Lokasi Shalat Idul Fitri 2019 di Padang, Masjid Raya Alternatif
TribunPadang.com/Nadia Nazar
Masjid Raya Sumatera Barat berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Nadia Nazar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat akan menggelar Shalat Idul Fitri 1440 H / 2019 M pada Rabu, (5/6/2019) di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Kasie Kemitraan Umat dan Hari Besar Islam Prov Sumbar Eri Iswandi mengatakan untuk tingkat provinsi yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur sekiranya cuaca tidak memungkinkan akan dialihkan di Masjid Raya Sumbar.

Bertindak sebagai Khatib pada Sholat Idul Fitri adalah Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Dr. H. Amran Suaidi SH. Ma.MM, dan selaku Imam Dasrizal, Dosen UIN Syarif Hidayatullah.

"Pelaksanaan sholat Idul Fitri akan dimulai pada pukul 06.30 WIB, dimulai dengan laporan panitia PHBI dan segala macam yang diperlukan kemudian untuk pelaksanaan solatnya dimulai pukul 08.00 WIB," terangnya

Eri mengatakan nantinya juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, serta Ketua DPRD Prov, Para Kepala Seksi Perangkat Daerah, Polda, Danrem, Kejaksaan Tinggi, Mahkamah Tinggi dan lainnya.

Lokasi Shalat Idul Fitri 1440 H / 2019 M di Padang, Masjid Agung Nurul Iman Alternatif Bila Hujan

Mudik Lewat Jalur Padang Solok? Inilah Lokasi yang Wajib Diwaspadai Pengendara

Nantinya, kata dia akan dilakukan penutupan jalan dari Simpang Rasuna Said dan di Simpang Korem Wirabraja.

"Semua jalan ditutup. Orang yang mau shalat, parkir di luar itu dan kemudian mereka jalan ke tempat shalat, jadi kendaraan tidak boleh masuk," sambungnya.

Menurutnya, jika cuaca bagus di halaman kantor gubernur ini sekiranya muat 40 hingga 50 ribu orang.

"Maka dari itu mari beramai-ramai melaksanakan salat Idul Fitri dalam rangka menyambut hari kemenangan setelah selesai ibadah puasa," ajaknya.

Selanjutnya, kata dia untuk tingkat Kota Padang akan dilaksanakan di Lapangan Imam Bonjol dan jika sekiranya cuaca juga tidak memungkinkan akan dipindahkan ke Masjid Agung Nurul Iman.

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang Cocok Dikirim via WhatsApp dan Jadi Status Media Sosial

DOWNLOAD MP3 Takbir Idul Fitri Paling Merdu, Ustadz Abdul Somad hingga Alm Ustadz Jefri Al Buchori

"Pelaksanaannya oleh Walikota Padang bersama Kemenag Kota Padang," kata Eri.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Umum PHBI Kota Padang Sarkoni mengatakan pelaksanaan solat Hari Raya Idul Fitri yang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol Padang sekiranya hari hujan maka dialihkan ke Masjid Agung Nurul Iman Padang.

Lalu, ia juga mengatakan nantinya bertindak sebagai Khatib pada Sholat Idul Fitri tersebut Duski Samad, Ketua MUI Kota Padang dan selaku Imam Suhardi A pegawai Kementrian Agama Kota Padang / Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Prov Sumbar).

Penulis: Nadia Nazar
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved