Pemilu 2019

KPU Segera Tetapkan Caleg Terpilih, Asalkan Tidak Ada Gugatan Ke MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu pada, Selasa (21/5/2019) dini hari lalu.

KPU Segera Tetapkan Caleg Terpilih, Asalkan Tidak Ada Gugatan Ke MK
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Acara penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Tingkat Provinsi Sumbar di Padang, baru-baru ini. 

Bila Tak Ada Gugatan ke MK, KPU Akan Tetapkan Calon Terpilih Pemilu 2019

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu pada, Selasa (21/5/2019) dini hari lalu.

KPU juga memberi waktu tiga hari setelah penetapan hasil rekapitulasi suara untuk pihak yang akan mengajukan sengketa hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay mengatakan jika ada Partai Politik (Parpol) yang merasa tidak puas dengan hasil Pemilu, diberikan kesempatan 3 kali 24 jam untuk mengajukan sengketa ke MK.

"Peserta Pemilu berhak mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK. Itu bisa dilakukan tiga kali 24 jam setelah penetapan hasil Pemilu secara nasional," kata Gebril Daulay.

Gebril Daulay mengemukakan, apabila tidak ada sengketa ke MK, maka tiga hari berikutnya KPU melanjutkan prosesnya. Yakni, melakukan proses penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih Pemilu 2019.

"Kalau ada sengketa, maka KPU harus menunggu hingga keluar putusan MK. Putusan MK itu dinamakan putusan dismissal. Putusan dismissal akan menentukan sebuah perkara dilanjutkan atau sebaliknya gugatannya tidak dapat diterima karena tidak memenuhi syarat formal maupun syarat materil," jelas Gebril Daulay.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan KPU sudah menyiapkan alat alat bukti jika ada peserta Pemilu yang mengajukan sengketa ke MK.

"Kalau tidak ada sengketa di MK, kita sudah bisa menetapkan calon terpilih. KPU RI menetapkan calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, dan DPD RI. KPU Sumbar menetapkan calon terpilih untuk DPRD Sumbar. Sementara, KPU Kabupaten/kota menetapkan calon terpilih DPRD Kabupaten/kota masing masing. Jika ada sengketa, kita tunda hingga keluar keputusan MK," tutup Izwaryani. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved