Breaking News:

Ramadan

Tim BPOM Sidak Pasar Lubuk Buaya, Tim belum Temukan Bahan Berbahaya

Tim Komisi IX DPR RI beserta rombongan berkunjung ke Ranah Minang dalam rangka pengawasan makanan dan minuman yang beredar sela

Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Foto bersama Tim Komisi IX DPR RI bersama Wali kota Padang, BPOM Padang, dan lainnya, Selasa (21/5/2019). 

Sidak Pasar Lubuk Buaya Padang, BPOM dan Komisi IX DPR RI Tak Temukan Bahan Berbahaya Pada Makanan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Tim Komisi IX DPR RI beserta rombongan berkunjung ke Ranah Minang dalam rangka pengawasan makanan dan minuman yang beredar selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah, Selasa (21/5/2019).

Kedatangan Tim Komisi IX DPR RI beserta rombongan ke Padang bertepatan dengan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Lubuk Buaya yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang.

Dalam sidak yang digelar, Tim BPOM juga melakukan pengecekan kandungan makanan yang dijual para pedagang menggunakan mobil laboratorium keliling Balai Besar POM Padang.

Kepala BPOM Padang, Martin Suhendri mengatakan, petugas laboratorium mengambil 20 sampel makanan dan minuman yang ada di Pasar Lubuk Buaya untuk diperiksa.

Di antaranya berupa ikan kering, kerupuk merah, cendol delima, kolak, dan lainnya.

"Biasanya itu yang berpotensi mengandung bahan berbahaya, makanya kita cek. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada ditemukan bahan formalin dan rhodamin. Semuanya negatif," ujar Martin Suhendri.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI asal Sumbar Suir Syam yang turut mendampingi sidak mengatakan berdasarkan hasil laboratorium memang tidak ditemukan bahan bahan berbahaya, seperti pewarna dan tambahan lainnya pada makanan dan minuman.

"Alhamdulillah kami tidak menemukan makanan yang pakai pengawet maupun pewarna. Kami berterimakasih kepada BPOM, Dinas Kesehatan dan lainnya yang ikuti memotivasi dan mensosialisasikan makanan sehat kepada masyarakat," ujar Suir Syam.

Seusai sidak, Tim Komisi IX DPR RI berkunjung ke kantor BPOM Padang. Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Padang dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved