Ramadan

Semarak Pesantren Ramadan Pelajar SD dan SMP di Masjid Almarhamah Ujung Gurun Padang

Ratusan Pelajar SD mulai dari kelas IV hingga kelas VI sibuk menghapal surah Alquran dalam agenda Pesantren Ramadan di Masjid

TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Suasana Pesantren Ramadan di Masjid Almarhamah Ujung Gurun Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (SUmbar). Foto diambil, Rabu (15/5/2019) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ratusan Pelajar SD mulai dari kelas IV hingga kelas VI sibuk menghapal surah Alquran dalam agenda Pesantren Ramadan di Masjid Almarhamah Ujung Gurun Padang, Rabu (15/5/2019).

Seusai menghapal, sebagian dari mereka ada yang menyetor ayat menggunakan buku hapalan kepada instruktur kelompok masing-masing.

Instruktur Pesantren Ramadan Hasnimar Hasan mengatakan program kegiatan Pesantren Ramadan di Masjid Almarhamah ditujukan untuk santriwan dan santriwati tingkat SD dan SMP saja.

"Jumlah murid sekitar 182 orang. Mereka tidak libur selama bulan puasa, proses belajar mengajar dialihkan ke masjid dan musala," kata Hasnimar Hasan.

Mengusung tema "Pembinaan Iman dan Taqwa, Memperkokoh Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS-ABK)", Pesantren Ramadan di Masjid Almarhamah akan dilaksanakan selama 17 hari yakni mulai 11 hingga 29 Mei 2019.

Hasnimar Hasan menjelaskan mulanya kegiatan Pesantren Ramadan dimulai pelajar SMP sejak Subuh.

Pelajar tersebut melakukan Salat Subuh berjamaah, kemudian mendengarkan ceramah, setelah itu dilanjutkan dengan membaca Asmaul Husna.

"Selesai itu baru hafalan tahfiz hingga pukul 07.30 WIB. Hafalan di setor kepada instruktur kelompok masing masing," kata Hasnimar Hasan.

Tak hanya itu, pelajar juga diberikan materi dari beberapa narasumber mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Halaman
123
Editor: Emil Mahmud
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved