Ramadan

Berburu Menu Berbuka, Ada Es Pisang Ijo Patimura; Si Segar Khas Makassar

Saat Ramadan biasanya ramai pedagang bermunculan untuk menjajakan dagangannya di tepi jalan dalam Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Berburu Menu Berbuka, Ada Es Pisang Ijo Patimura; Si Segar Khas Makassar
TribunPadang.com/Rezi Azwar
Bentuk jajanan Es Pisang Ijo Pattimura varian rasa Es Pisang Names ada tambahan potongan buah Nangka yang dijual di Jalan Patimura, dekat KFC, Kampung Jao, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (10/5/2019). 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Saat Ramadan biasanya ramai pedagang bermunculan untuk menjajakan dagangannya di tepi jalan dalam Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pantauan TribunPadang.com, pada Jumat (10/5/2019).terlihat pedagang menawarkan minuman untk berbuka puasa yaitu; Es Pisang Ijo Patimura, Padang, Sumbar, 

Monic (21) penjual Es Pisang Patimura di Jalan Patimura, dekat KFC, Kampung Jao, Padang Barat, Kota Padang, Sumbar mengatakan bahwa Es Pisang Ijo ini adalah makanan khas dari Kota Makassar.

Ia menjelaskan untuk warga Kota Padang yang ingin menikmati cita rasa kuliner dari Kota Makassar dipersilakan datang mulai pukul 15:00 WIB di Jalan Patimura, Kota Padang.

"Ini makanan daerah Makassar, dan jika inginenambahkan menu ini ke dalam berbuka harus mencicipinya atau setidaknya mencobanya," kata Monic.

Monic mengatakan tidak perlu jauh-jauh untuk ke Makassar jika ingin mencicipinya, dan makanan ini cocok menjadi salah satu menu berbuka puasa di bulan Ramadan.

"Es Pisang Ijo ini adalah menu yang ada pisangnya berlapis pasta pandan, ada bubur putih, dan di siram dengan sirup merah manis. Biasanya orang memakai sirup marjan," ujar Monic.

Monic mengatakan bahwa juga di tambahkan susu kental agar lebih manis. Untuk es pengunjung bisa memilih sendiri, apakah mau langsung di tambahkan es batunya atau dipisahkan.

"Yang jelas Es Pidang Ijo ini racikan sendiri. Dan ini adalah jajanan sehat lezat bergizi," kata Monic.

Ia menjelaskan bahwa ada delalan menu, yaitu Es Pisang Ijo Original, Es Pisang Ijo Names, Es Pisang Ijo Tabut Kacang, Es Pisang Ijo Kana, semua ini harganya Rp 10 ribu.

"Sedangkan, Es Pisang Ijo Duren Spesial, Es Pisang Spesial, Es Pisang Ijo Galau Rp 15 ribu. Dan, Es Pisang Palu Buntung harganya Rp 12 ribu," kata Monic.

Dita (19) salah seorang pembeli Es Pisang Ijo mengatakan bahwa ia membeli jajanan memang merasakan enak.

"Saya baru pertama kali juga membelinya, katanya jajanan ini khas Makassar. Saya membeli yang Es Pisang Ijo Names, ada tambahan dari potongan buah nangka. Kelihatannya enak," kata Dita.

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved