Pemilu 2019

KPU Bukittinggi Klaim Hampir Tidak Ada Persoalan Terkait Data dan Rekapitulasi Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi dijadwalkan akan melakukan rekapitulasi suara tingkat Provinsi Sumbar, Kamis (9/5/2019).

KPU Bukittinggi Klaim Hampir Tidak Ada Persoalan Terkait Data dan Rekapitulasi Suara
ISTIMEWA/DOK.PRIBADI YASRUL
Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Bukittinggi, Yasrul 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi dijadwalkan akan melakukan rekapitulasi suara tingkat Provinsi Sumbar, Kamis (9/5/2019).

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, mengklaim tidak ada persoalan yang berarti menyangkut data di Kota Bukittinggi.

"Data KPU Bukittinggi sudah aman dan singkron. Jikapun ada persoalan, sudah dilakukan pembetulan di tingkat kecamatan," kata Yasrul saat ditemui, Rabu (8/5/2019).

Yasrul mengungkapkan sebelumnya memang ada beberapa catatan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yakni persoalan bukti pembetulan data namun hal tersebut dapat dilesaikan segera.

"Bukti bukti itu kami siapkan kemudian diperlihatkan kepada Bawaslu. Alhamdulillah, sesuai dengan data yang sesungguhnya," ucap Yasrul.

Rekapitulasi tingkat kabupaten, kata Yasrul, KPU Kota Bukittinggi sudah menyerahkan kepada KPU Sumbar sesuai target sejak 4 Mei 2019.

Yasrul mengatakan meski dijadwalkan esok hari, KPU Kota Bukittinggi lebih awal datang ke Padang untuk melihat kondisi KPU Kabupaten/kota lain yang sedang melakukan rekapitulasi suara.

"Kami di sini juga mencari celah kelemahan. Jika ada saran-saran dari saksi dan Bawaslu untuk kabupaten lain itu bisa menjadi patokan juga untuk kami melakukan persiapan.

Namun kalau berdasarkan pertanyaan saksi dan Bawaslu hari ini kepada kabupaten/kota lain, insya Allah Bukittinggi siap karena data sudah singkron," ujar Yasrul.

Berdasarkan hasil rekapitulasi sementara di Kota Bukittinggi, Yasrul menyebut pasangan calon 02 Prabowo-Sandi lebih unggul dibandingkan paslon 01 Jokowi-Amin.

"Prabowo-Sandi meraih suara 87 persen, sedangkan Jokowi-Amin 13 persen. Partisipasi pemilih meningkat di Kota Bukittinggi yaitu mencapai 73 persen, sedangkan pada 2014 lalu hanya 67 persen," tutup Yasrul (*)

Foto: Dok. Pribadi

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved