Pilpres 2019

Hasil Rekapitulasi KPU, Prabowo-Sandi Unggul Di Kota Sawahlunto dan Padang Panjang

Rekapitulasi suara tingkat provinsi Sumbar telah selesai dilaksanakan untuk empat kabupaten/kota, Rabu (8/5/2019).

Hasil Rekapitulasi KPU, Prabowo-Sandi Unggul Di Kota Sawahlunto dan Padang Panjang
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
SUASANA Rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Sumatera Barat berlangsung di Pangeran Beach Hotel, Padang, Rabu (8/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Rekapitulasi suara tingkat provinsi Sumbar telah selesai dilaksanakan untuk empat kabupaten/kota, Rabu (8/5/2019).

Empat Kabupaten/kota tersebut yaitu Kota Sawahlunto, Padang Panjang, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya.

Dua di antara kabupaten/kota tersebut yakni Kota Sawahlunto dan Padang Panjang sudah menetapkan hasil perolehan suara.

Sementara dua kabupaten lagi, yaitu Sijunjung dan Dharmasraya masih menunggu dibubuhi paraf oleh saksi peserta Pemilu, KPU Sumbar, dan Bawaslu.

Berdasarkan rekapitulasi KPU untuk dua kabupaten/kota yang sudah ditetapkan, Prabowo-Sandi masih unggul telak dibandingkan Jokowi-Amin.

Di Kota Sawahlunto pasangan calon 01 Jokowi-Amin memeroleh suara sebanyak 7.077, sementara pasangan calon 02 Prabowo-Sandi meraih 31.341 suara.

Dalam proses rekap tersebut Pemilihan Presiden di Kota Sawahlunto, suara sah mencapai 38.418, tidak sah 600 suara, dan total suara sah dan tidak sah mencapai 39.018.

Sementara di Kota Padang Panjang, Jokowi-Amin memeroleh suara 3.993, sedangkan Prabowo 27.645 suara.

Jumlah suara sah dalam proses rekap tersebut untuk Pemilihan Presiden mencapai 31.638 suara, tidak sah 341 suara, dan total keseluruhan suara sah dan tidak sah 31.979.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan rekapitulasi suara akan dilanjutkan besok menimbang beberapa hal di antaranya malam hari umat Islam menjalankan ibadah salat tarwih.

"Orang salat tarwih, pengamanan juga tidak ada. Kawan kawan sekretariat diberikan waktu untuk beristirahat," kata Amnasmen saat ditemui, Rabu (8/5/2019) malam.

Ia menjelaskan, sebenarnya rekapitulasi untuk tingkat provinsi dijadwalkan hingga 12 Mei 2019. Namun KPU Sumbar menargetkan rekapitulasi suara dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari.

"Kami berharap besok (Kamis 9/5/2019-red) bisa dimaksimalkan agar dapat selesai tepat waktu. Jikapun tidak sesuai, tidak masalah yakni menambah satu hari lagi untuk melakukan proses rekapitulasi," tutup Amnasmen. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved