Breaking News:

Penganiaayan Dua Jurnalis Meliput May Day 2019 Di Bandung Terjadi Akibat ID Pers Tak Terlihat

Penganiaayaan terhadap dua jurnalis yang meliput aksi May Day 2019 di Bandung menurut Mabes Polri terjadi karena beberapa faktor, di antaranya tidak t

tribunnews
buruh-gelar-demo-may-day-di-jakarta_20190501_225432 

TRIBUNPADANG.COM - Penganiaayaan terhadap dua jurnalis yang meliput aksi May Day 2019 di Bandung menurut Mabes Polri terjadi karena beberapa faktor, di antaranya tidak terlihat ID Pers.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan faktor pertama adalah tak terlihatnya ID Pers yang dikenakan oleh dua jurnalis tersebut.

"Kalau yang terjadi di Bandung, karena identitas pers tidak kelihatan," ujar Dedi, di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2019).

REFLEKSI May Day Antara Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi yang Jujur

Demo di KPU Sumbar, Puluhan Emak-emak Dijaga Ketat 127 Personel Kepolisian

Selain itu, faktor lain yang berpengaruh adalah setelan atau baju yang serupa dari jurnalis dengan massa buruh ditempatnya melakukan liputan.

Jenderal bintang satu itu mengatakan pihaknya akan berusaha mengantisipasi hal tersebut dengan cara memberikan sebuah pita berwarna merah putih kepada jurnalis.

Sehingga, kata mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu, diharapkan kejadian penganiayaan terhadap jurnalis tidak akan terulang kembali di masa depan.

Aksi Demo Mahasiswa Se-Sumatera Barat Dijaga Ketat Aparat Kepolisian

Hasil Real Count KPU Pileg 2019,Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDI-P) Berada Diurutan Teratas

"(Faktor lain, - red) Mengenakan baju yang sama. Warna yang gelap sehingga pada saat terjadi chaos, kejadian tersebut terulang kembali," kata dia.

"Saya sudah koordinasi dengan AJI dan IJTI, nanti kita siapkan pita merah putih dan pita merah putih itu wajib digunakan rekan media ketika meliput unjuk rasa di lapangan," tutup Dedi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Penyebab Penganiayaan Dua Jurnalis di Bandung, Kata Polisi ID Pers Tak Kelihatan dan Baju Serupa, 

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved